Bengkulu (Antara Bengkulu) - Tim seleksi calon komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu mulai memverifikasi 156 berkas pendaftar yang masuk ke sekretariat tim.

"Pendaftaran sudah ditutup pada Rabu (6/3) dan jumlah total pendaftar sebanyak 156 orang dan seleksi administrasi segera dilakukan," kata Ketua Timsel calon komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Khairil di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan hasil seleksi administrasi atau berkas calon komisioner KPU tersebut digelar hingga 10 Maret 2013 dan hasilnya akan diumumkan kepada masyarakat pada 11 Maret 2013.

Setelah seleksi administrasi, selanjutnya calon komisioner KPU yang lolos akan mengikuti ujian tertulis pada 14 Maret.

"Bagi yang tidak lulus seleksi administrasi langsung gugur, karena tidak ada perbaikan," katanya.

Bagi yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tes kesehatan, psikologi dan tes narkoba. Calon komisioner KPU yang positif menggunakan narkoba kata dia, akan otomatis gugur.

"Tes narkoba akan dilakukan pihak yang berkompeten, seperti Dinas Kesehatan atau BNN," ujarnya.

Ia mengatakan, tes tertulis dan wawancara meliputi pemahaman tentang sistem politik dan peraturan perundang-undangan bidang politik dan lainnya.

Selanjutnya dari hasil tes tertulis akan menetapkan 20 orang calon komisioner untuk mengikuti tes wawancara.

"Setelah tes wawancara akan tersaring 10 orang yang paling baik untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di KPU RI," katanya.

Hasil uji kepatutan dan kelayakan akan menyaring lima orang komisioner KPU Provinsi Bengkulu yang diperkirakan akan dilantik pada Mei 2013.

Khairil yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu mengharapkan masyarakat terlibat aktif dalam proses seleksi calon komisioner KPU tersebut.

"Misalnya masyarakat dapat membuktikan bahwa seseorang calon merupakan anggota partai politik, kami sangat terbuka untuk menindaklanjuti kebenarannya," katanya.

Ia mengatakan hasi setiap tahapan seleksi akan dipaparkan di media massa sehingga masyarakat dapat berperan aktif mengawasi. (ANTARA)

Editor: Helti Marini S
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar