Bengkulu (Antara Bengkulu) - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu mulai mempersiapkan agenda wisata tingkat nasional yakni "Festival Bumi Rafflesia", yang digelar pada Juni 2013.

"Persiapan sudah kami mulai sejak awal tahun, bahkan agenda ini sudah dipromosikan di Jakarta belum lama ini," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Asril di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan berbagai kegiatan atau perlombaan berskala nasional akan digelar seperti "Off road", membatik kolosal, pergelaran seni budaya dan lomba cipta lagu daerah yang berlangsung selama tiga hari yakni 27 hingga 30 Juni 2013.

Festival bertaraf nasional itu kata dia, bertujuan untuk mengenalkan Bengkulu sebagai daerah tujuan wisata yang kaya potensi.

"Melalui even tingkat nasional ini kami mengharapkan tingkat kunjungan wisatawan ke Bengkulu akan meningkat," ujarnya.

Selain itu, festival tersebut juga akan menunjang persiapan dan sosialisasi Bengkulu sebagai penyelenggara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) pada Februari 2014.

Untuk lomba "Off road", pemerintah akan menyerahkan teknis persiapannya kepada organisasi Indonesia Offroader Federation (IOF) Bengkulu.

Untuk pagelaran budaya, selain melibatkan seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu, juga akan melibatkan dua provinsi tetangga seperti Jambi, Sumatera Selatan, Lampung dan Sumatera Barat.

"Sedangkan membatik kolosal akan melibatkan setiap daerah yang memiliki motif serta corak batik tersendiri," tambahnya.

Tujuannya kata dia, agar khasanah batik yang telah ditetapkan jadi warisan dunia dari Indonesia itu menjadi lebih variatif.

Apalagi, Bengkulu juga memiliki corak dan motif batik yang beragam dan terus dikembangkan, minimal menjadi tuan rumah di daerah.

Strategi promosi hingga berbagai persiapan telah dilakukan panitia dari Dinas Pariwisata Provinsi. Bahkan di Kantor Perwakilan Bengkulu di Jakarta juga sudah dipasangi baliho berukuran besar sebagai bentuk promosi.

"Kami mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat untuk menyukseskan festival ini dan akan dilanjutkan dengan Festival Pesisir pada September 2013," katanya. (Antara)

Editor: Helti Marini S
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar