Mukomuko (Antara Bengkulu) - Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan masih tersisa sebanyak 41 orang lagi calon jemaah haji asal daerah itu yang belum melunasi biaya perjalanan ibadah haji tahun 2013.

" Calon jemaah haji (CJH) yang belum melunasi biaya perjalanan haji (BPIH) berkurang dari sebelumnya sebanyak 71 orang dari sebanyak 175 orang kuota CJH tahun ini," kata Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko, Hamdani, di Mukomuko, Minggu.

Ia berharap, CJH itu segera membayar BPIH agar mereka semua bisa berangkat pada musim hari tahun 2013.

Ia mengatakan, masih ada sisa waktu sampai tanggal 12 Juni bagi 41 orang CJH melunasi BPIH.

"Kalau sampai batas waktu terakhir itu mereka tidak juga melunasi BPIH, maka sisa kuota itu dikembalikan ke pemerintah pusat, dan daerah tinggal menunggu perebutan kuota nasional mulai tanggal 18-26 Juni 2013," katanya.

Selanjutnya, kata dia, terserah kebijakan dari pemerintah pusat untuk memberikan tambahan kuota untuk daerah itu.

Menurut dia, batas waktu bagi 41 CJH melunasi BPIH di BRI cabang daerah itu sangat pendek terhitung sisa enam hari lagi, setelah dipotong hari libur, Sabtu, Minggu, dan hari Senin (3/6) termasuk hari sibuk Bank karena membayar gaji pegawai negeri sipil (PNS)," ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, BPIH tahun ini sebesar 3,329 USD mengikuti BPIH di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar, namun nilai rupiah bervariasi menyesuaikan dengan harga dolar saat CJH melunasi BPIH.

"Pembayaran awal CJH sebesar Rp25 juta, sedangkan sisanya untuk perlunasan terakhir sesuai dengan nilai dolar pada tanggal 29 Mei 2013 sebesar Rp7.820.611.00 dengan jumlah keseluruhan sebesar Rp32.820.611.00," ujarnya. (Antara)

Editor: Helti Marini S
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar