Berita Terkait
Bengkulu (Antara Bengkulu) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menyebutkan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) para calon haji di daerah itu sudah mencapai 80 persen.

"Pelunasan biaya perjalanan haji di provinsi ini sudah mencapai 80 persen dan tidak ada pembayaran susulan," kata Kepala Bidang Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Zamdial Taher di Bengkulu, Selasa.

Pemberangkatan calon haji nantinya dari embarkasi antara di Asrama Haji Bengkulu, katanya dan menambahkan bahwa jumlah calon haji yang telah melunasi biaya perjalanan haji sebanyak 1.300 orang dari 1.614 orang kuota haji Provinsi Bengkulu pada Musim Haji 2013.

Ia mengatakan bahwa BPIH tahun 2013 sebesar 3,329 Dolar AS, mengikuti BPIH di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), namun nilai rupiah menyesuaikan dengan harga dolar saat calon haji melunasi BPIH.

Masa pembayaran akan berakhir pada tanggal 12 Juni 2013 dan tidak ada masa perpanjangan, sehingga calon haji yang sudah masuk daftar tunggu diharapkan bersiap-siap.

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presien Nomor 31 tahun 2013  tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1434H/2013.

Dalam Perpres tersebut dituliskan bahwa pelunasan BPIH dibuka selama 22 hari terhitung tanggal 22 Mei hingga 12 Juni, katanya.  

Khusus di Bengkulu, sedikitnya ada delapan bank yang dilibatkan, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, Muamalat dan bank syariah lainya.

Tentang jadwal pemberangkatan haji dari embarkasi antara Bandara Fatmawati Bengkulu, menurutnya, masih menunggu keputusan Kementerian Agama.

"Hasil simulasi ini akan dilaporkan ke Menteri, kemudian akan diputuskan apakah embarkasi haji antara disetujui atau tidak," katanya.

Editor: Musriadi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar