Bengkulu (Antara Bengkulu) - Panitia Pemilihan Wakil Gubernur Bengkulu sukses menggelar pemilihan wakil gubernur dimana Sultan Najamudin terpilih dengan 42 suara, mengungguli Dian Syakhroza yang hanya meraih dua suara.

"Dari 45 suara anggota DPRD, 42 orang memilih Sultan Najamudin, dua orang memilih Dian Syakhroza dan satu suara batal," kata Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Kurnia Utama, saat memimpin sidang paripurna istimewa pemilihan wakil gubernur Bengkulu, Jumat, sore.

Sebelumnya dalam paripurna itu digelar dua tahapan pemilihan yakni musyawarah mufakat yang digelar perwakilan enam fraksi di DPRD Bengkulu.
Musyawarah yang digelar enam perwakilan fraksi tidak menemukan kata mufakat sehingga beralih ke metode kedua yakni musyawarah antara kedua calon wakil gubernur.

Setelah memberikan waktu selama 10 menit kepada kedua calon wakil gubernur, Sekretaris DPRD Provinsi Bengkulu Sofwin Syaiful membacakan hasil musyawarah kedua calon.

"Setelah menggelar musyawarah, tidak ditemukan kata mufakat," kata Sofwin.
Dengan keputusan tersebut, metode pemilihan ketiga digelar yakni pemungutan suara terbanyak.

Dari 45 anggota DPRD yang memberikan suaranya, 42 orang memilih Sultan Najamudin, dua orang memilih Dian Syakhroza dan satu suara batal.
Proses pemilihan wakil gubernur untuk sisa masa jabatan 2010-2015 itu berlangsung tertib dan lancar.

Untuk mengamankan sidang, Kepolisian Daerah Bengkulu menurunkan 105 personel pengamanan.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Edi Ismawan mengatakan dengan terpilihnya wakil gubernur, maka tugas Gubernur akan semakin ringan.
"Kami berharap terjalin kerjasama yang baik diantara Gubernur dan Wakil Gubernur dan roda pemerintahan berjalan sempurna," katanya.

Ketua Panitia Pemilihan Wakil Gubernur Bengkulu Fatrolazi menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia dan staf Sekretariat DPRD atas suksesnya penyelenggaraan pemilihan wakil gubernur.

"Mudah-mudahan, kalau tidak ada kendala, dalam 11 hari ke depan Sultan Najamudin akan dilantik sebagai Wakil Gubernur Bengkulu," katanya.

Editor: Musriadi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar