Mukomuko miliki objek wisata dengan enam keunikan

Pantai mukomuko merupakan salah satu objek wisata yang sangat diminati oleh penduduk setempat untuk mengisi waktu libur. (Foto Antarabengkulu.com/Musriadi)

Berita Terkait
Mukomuko,  (Antara Bengkulu) - Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan ada enam keunikan objek wisata danau dan pantai di kabupaten itu yang tidak dimiliki daerah lain.

"Lima keunikan itu pertama di Danau Nibung yang selalu bersih dari dedaunan meskipun di sekitarnya banyak tumbuh pohon pohon besar," kata Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Jaskani, di Mukomuko, Sabtu.

Keunikan lain di danau tersebut, kata dia, ada tujuh sudut yang menyerupai bintang. setiap sudut di danau itu mengalir air yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau.

Selanjutnya, kata dia, terdengar suara menyerupai lonceng setiap pukul 12.00 WIB di danau tersebut yang tidak diketahui asal usul bunyinya sampai sekarang.

Ia menjelaskan, dua keunikan lainnya terdapat di objek wisata Pantai Pandan Wangi. Di pantai itu pasirnya sangat halus sehingga membuat wisatawan betah untuk tidur di pasirnya.

Selain itu, sebutnya, ombak di pantai itu kecil sehingga membuat wisatawan betah untuk mandi di sana, kemudian di pantai itu banyak terdapat berbagai jenis batu untuk koleksi batu cincin.

Ia menegaskan, bahwa enam keunikan di dua objek wisata itu bukan buatan dan rancangan manusia tetapi murni sebuah kekayaan alam yang terdapat di kabupaten tersebut.

Satu lagi, lanjutnya, objek wisata yang menjadi kebanggaan daerah itu adalah bendungan Sungai Air Manjuto di Kecamatan Lubuk Pinang. Selain sebagai objek wisata bendungan itu juga dapat mengaliri seluas 16.000 areal sawah petani di empat Kecamatan yakni Kecamatan Lubuk Pinang, Air Manjuto, XIV Koto, dan Kecamatan V Koto.

Ia mengatakan, masih banyak objek wisata di daerah itu dengan berbagai keunikannya, namun belum semuanya diinventarisasi untuk kepentingan promisi wisata dari daerah itu.*

Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar