Bengkulu (Antara Bengkulu) - Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Zainan Sagiman mengatakan pendaftaran calon anggota tim seleksi KPU Bengkulu Selatan sudah dibuka dan hingga saat ini sudah 11 orang yang mendaftar.

"Kami akan fokus pada independensi calon anggota tim seleksi, juga akan memperhatikan keterwakilan perempuan," katanya di Bengkulu, Sabtu.

Menurutnya, ketentuan mengenai keterwakilan perempuan untuk keanggotaan KPU telah diatur dalam SK KPU dan hal tesebut juga berlaku untuk keanggotaan tim seleksi anggota KPU.

Hingga Jumat (12/7), kata dia, 11 orang sudah mendaftarkan diri untuk diseleksi menjadi anggota tim seleksi komisioner KPU Bengkulu Selatan.

"Pendaftaran calon anggota timsel KPU Bengkulu Selatan akan ditutup pada 30 Juli 2013," tambahnya.

Ia mengatakan semakin banyak yang mendaftar, maka diharapkan hasilnya juga semakin baik, sehingga yang terpilih benar-benar berkualitas.

Dalam seleksi anggota timsel KPU BS ini, Zainan memastikan tidak akan pernah menerima titipan atau intervensi dari pihak-pihak yang punya kepentingan.

Hal itu sebagai wujud keseriusan KPU Provinsi Bengkulu dalam membentuk KPU Bengkulu Selatan yang independen, profesional dan punya integritas tinggi terhadap pembangunan di daerah bersangkutan.

Jangan sampai kata dia, pengalaman timsel KPU Kaur terulang dimana prosesnya berjalan tidak sesuai ketentuan sehingga diambilalih KPU provinsi.

Terutama mereka yang terlibat dalam kepengurusan sebuah partai politik akan menjadi catatan khusus dan langsung tersingkir jika terbukti.

Masa jabatan komisioner KPU Bengkulu Selatan untuk periode 2008-2013 yang diketuai Juli Hartono akan berakhir pada Oktober 2013.

Pembentukan timsel harus selesai selambat-lambatnya pada Agustus 2013 dengan target pada Oktober 2013 sudah terpilih lima anggota komisioner KPU Bengkulu Selatan yang baru.

Sebelumnya KPU Provinsi Bengkulu sudah melantik komisioner KPU delapan kabupaten dan kota untuk masa jabatan 2013-2018 yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Mukomuko, Seluma, Kepahiang, Rejanglebong dan Lebong. (Antara) 

Editor: Helti Marini S
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar