Bengkulu (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu masih membersihkan data dan nama pemilih ganda dari daftar pemilih tetap perubahan hingga 12 Oktober 2013.

"Masih ada data ganda, yang dibersihkan panitia pemungutan suara berkoordinasi dengan operator sistem informasi data pemilih," kata Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Siti Baroroh di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan data ganda yang diperiksa petugas mulai dari data antarkelurahan, kecamatan hingga antarkabupaten.

Masyarakat yang belum terdaftar kata dia juga masih dapat mendatangi PPS untuk mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP.

"Kami pastikan data ganda tidak ada lagi dan masyarakat yang belum terdata masih ada kesempatan," katanya.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah belum terdata atau terdata ganda, dapat mengecek di situs KPU "data.kpu.go.id/dataganda.php".

Ia mengharapkan masyarakat untuk proaktif dalam melakukan pengecekan data pemilih.

Jangan sampai nanti setelah DPT diplenokan lalu ada protes atau yang lainnya sebab waktu yang disediakan untuk melakukan perbaikan cukup panjang," ujarnya.

Baroroh menambahkan pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tingkat kabupaten dan kota dijadwalkan tuntas pada 12 oktober 2013.

Anggota KPU kabupaten dan kota kata dia dapat melakukan pleno lebih cepat jika persoalan data pemilih sudah dituntaskan.

"Selanjutnya KPU provinsi akan menggelar pleno penetapan DPT pada 13 Oktober 2013," katanya.

Sebelumnya kata dia, jumlah daftar pemilih Bengkulu 1.372.107 jiwa yang tersebar di 10 kabupaten dan kota.

Sementara jumlah tempat pemungutan suara yang sudah ditetapkan KPU sebanyak 4.284 TPS.

Editor: Musriadi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar