Senin, 26 Juni 2017

Timnas U-16 Indonesia Taklukkan Filipina 4-0

id Timnas Indonesia
Timnas U-16 Indonesia Taklukkan Filipina 4-0
Timnas U 16 Indonesia. (Foto Antara)
Jakarta (Antara) - Tim nasional U-16 Indonesia menaklukkan skuat U-16 Filipina dengan skor 4-0 dalam laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.   

Dipantau dari laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) oleh Antara di Jakarta, empat gol timnas dicetak oleh Rendy Juliansyah (3'), Brilyan Nigietha (9' dan 22'), serta Hamsah Lestaluhu (55').

Pelatih Garuda muda Fakhri Husaini merasa senang dengan hasil tersebut. Namun, menurut dia, masih banyak yang perlu diperbaiki dari timnya.

"Ini uji coba internasional pertama kami dan saya senang hasil ini. Namun, menang sebenarnya bukan tujuan utama. Kami pun masih perlu memperbaiki beberapa hal seperti bagaimana mengatasi umpan lambung dan permainan efektif dari lawan," ujar Fakhri.

Meski demikian, kaat dia, anak-anak asuhnya sudah menunjukkan perkembangan yang baik dan memperlihatkan agresivitas tinggi.     

"Namun, kami masih bisa terus berkembang," tutur Fakhri.

Sementara itu, kubu Filipina menerima kekalahan tersebut dan mengakui keunggulan Indonesia.

Emilio Caligdong, pelatih U-16 Filipina, mengatakan bahwa laga itu menjadi pembelajaran bagi timnya yang mempersiapkan diri menuju Piala AFF dan kualifikasi Piala Asia.

"Saya bilang kepada pemain supaya membiasakan diri dengan laga tandang. Mereka harus bisa lebih mempersiapkan diri dan kondisi mereka dengan baik. Ada dua pelajaran yang kami petik dari pertandingan ini, yaitu tentang kebugaran dan agresivitas tim," kata Emilio.

Ia memuji dua pemain U-16 Brilyan Nigietha dan Rendy Juliansyah yang menurutnya bermain baik.

"Mereka ada di mana-mana dan bekerja sangat keras. 'Finishing' dan kerja sama mereka juga sangat bagus," ujar Emilio.

Dengan keunggulan atas Filipina, timnas U-16 sudah memenangi enam pertandingan uji coba. Sebelumnya, mereka mengalahkan Villa 2000 U-17, Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) DKI Jakarta, PPLP Riau, tim seleksi Liga Kompas Gramedia untuk Gothia Cup 2017 Swedia dan tim pelajar Kementerian Pemuda dan Olahraga yang disiapkan Gothia China Cup 2017.

Timnas U-16 Indonesia sendiri akan berlaga di Kejuaraan AFF U-15 di Thailand, 9 hingga 2 Juli 2017, di mana Indonesia bergabung di Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura.

Selain AFF, timnas U-16 juga akan bertanding di kualifikasi menuju Piala Asia U-16 2018 pada 16 sampai dengan 24 September 2017. Di kompetisi itu, anak-anak asuh Fakhri Husaini menghuni Grup G bersama Laos, Timor Leste, Kepulauan Mariana Utara dan Thailand sebagai tuan rumah.***4***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga