Selasa, 22 Agustus 2017

Pelestari Penyu Bengkulu Butuh Bantuan Fasilitas

id Penyu
Pelestari Penyu Bengkulu Butuh Bantuan Fasilitas
Penyu di penangkaran Pulau Tikus. (Foto Antarabengkulu.com/Helti)
Bengkulu (Antara) - Kelompok pelestari penyu di Pulau Tikus, Bengkulu, mengharapkan dukungan pemerintah dan pihak lain untuk membantu menyediakan fasilitas penangkaran satwa dilindungi itu, seperti pembangunan bak penetasan dan kolam penampungan.

"Kami sudah mengeramkan 700 telur penyu yang diperkirakan menetas bulan depan, tapi bak penampungannya hanya modal satu ember," kata Feri Aurora, pelestari penyu di Pulau Tikus, Selasa.

Feri mengatakan penangkaran penyu dengan fasilitas seadanya di pulau kecil tak berpenghuni itu mulai digagas pada akhir tahun 2016.

Ada 70 ekor tukik atau anak penyu yang berhasil menetas dengan fasilitas seadanya dengan modal satu ember bulat tempat pengeraman dan satu ember persegi tempat penampungan anak penyu sebelum dilepasliarkan.

Penangkaran penyu secara sederhana dilakukan dengan cara memindahkan telur penyu dari lokasi bertelur di pinggir laut sebab telur-telur itu rawan dicuri dan dimangsa predator. Selanjutnya, dipindahkan ke dalam ember penetasan.

Setelah menetas, anak anak penyu yang disebut tukik itu dipindahkan ke ember berbentuk persegi panjang ukuran 60 x 120 centimeter.

"Kalau ada anak penyu 100 ekor, tempat penampungan itu sangat sempit, sehingga tukik susah berkembang," ujarnya.

Ia mengatakan sudah berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu dalam penangkaran penyu di pulau itu.

Namun bantuan yang diberikan dari dinas adalah uang pengganti telur sebesar Rp1,5 juta yang dipakai Feri membeli telur penyu dari nelayan setempat, untuk ditetaskan.

"Kadang kalau nelayan yang pertama kali menemukan penyu bertelur, saya beli telurnya untuk ditetaskan," ujarnya.

Feri mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah dan pihak lain berupa sarana dan prasarana penangkaran penyu sehingga target menetaskan 1.000 telur menjadi tukik terealisasi tahun ini.

Kepala DKP Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan membenarkan pemberian bantuan dana bagi pelestari penyu itu dan berjanji akan segera membantu melengkapi sarana dan parasana yang dibutuhkan.

"Kami akan bantu sarana dan prasarana untuk pengembangan penangkaran penyu di pulau itu," katanya.***3***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga