Lima Desa Laksanakan Pilkades Serentak

id Pilkades, Rejang Lebong
Lima Desa Laksanakan Pilkades Serentak
Suasana Pilkades Rejanglebong. (Foto Antarabengkulu.com/Nur Muhammad)
Rejang Lebong (Antara) - Lima desa di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, pada tahun ini melaksanakan pemilihan kepala desa serentak di wilayah itu.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Darmansyah di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan, pilkades serentak tahap kedua di daerah itu dilaksanakan pada 2 Agustus mendatang.

"Saat ini sudah memasuki tahapan pilkades serentak tahap kedua di Rejang Lebong sudah memasuki tahapan pendaftaran pemilih dalam lima desa yang akan melaksanakannya. Pendaftaran pemilih kemudian dilanjutkan pengumuman daftar pemilih serta penetapannya terhitung sejak 24 Mei sampai dengan 4 Juni," katanya.

Sejauh ini dari persiapan yang dilakukan tim kabupaten maupun kecamatan serta di tingkat desa sudah final dan tinggal melaksanakan tahapan-tahapannya sehingga nantinya tinggal melaksanakan pemungutan suara saja.

Dari berbagai persiapan yang dilakukan oleh tim di masing-masing desa ini dirinya optimistis pelaksanaan pilkades dalam lima desa, yakni Desa Turan Baru Kecamatan Curup Selatan, Desa Pelalo Kecamatan Sindang Kelingi dan Desa Sinar Gunung Kecamatan Sindang Dataran.

Seterusnya dua desa lainnya yang gagal melaksanakan pilkades pada tahap pertama pada 2016 lalu bersama dengan 61 desa lainnya, yaitu Tebat Tenong Luar Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Desa Ujan Panas Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Kedua desa ini gagal melaksanakan pilkades serentak karena calonnya hanya satu orang atau calon tunggal.

Sementara itu, tahapan pilkades serentak tahap kedua di Rejang Lebong, kata dia, selanjutnya ialah masa pendaftaran calon kades terhitung 17-28 Juni. Jika nantinya dalam proses pendaftaran itu hanya terdapat satu calon yang mendaftar maka proses pendaftarannya diperpanjang selama sembilan hari sejak 29 Juni.

Kemudian tahapan penetapan keputusan tentang nama calon dan pengundian nomor urut calon dan pengumuman nama calon, proses pencetakan surat suara, pengecekan berkas.

Kemudian masa kampanye, masa tenang dan pemungutan dan penghitungan suara dan penetapan serta pelantikan calon kepala desa terpilih. ***2***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga