Minggu, 20 Agustus 2017

Golput Pilkades Sinar Gunung 50 Persen Lebih

id Pilkades, Rejang Lebong
Golput Pilkades Sinar Gunung 50 Persen Lebih
Pilkades serentak tahap ll di Kabupaten Rejang Lebong. (Foto Antarabengkulu.com/Nur Muhammad)
Rejang Lebong (Antara) - Kalangan warga yang tidak menggunakan hak suaranya dalam Pilkades serentak tahap kedua di Desa Sinar Gunung, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, lebih dari 50 persen.

Berdasarkan hasil penghitungan suara Pilkades serentak di Desa Sinar Gunung Kecamatan Sindang Dataran yang digelar Kamis, dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 2.511 jiwa diketahui yang menggunakan hak suaranya hanya 1.249 pemilih, sedangkan yang tidak hadir sebanyak 1.262 pemilih.

"Banyaknya pemilih yang tidak menggunakan hak suaranya, karena mereka banyak yang menginap di kebun sehingga tidak bisa memberikan hak suara dalam Pilkades di desa mereka," kata Sekretaris Dinas Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Ahmed Chalid saat dihubungi, Kamis malam.

Rendahnya partisipasi masyarakat dalam Pilkades setempat kata dia, seharusnya tidak terjadi mengingat sudah disosialisasikan sejak jauh-jauh hari dan pelaksanaannya juga sempat dimundurkan dari jadwal semula yakni 2 Agustus menjadi 10 Agustus.

Adapun hasil penghitungan suara Pilkades Desa Sinar Gunung tersebut kata dia, yang dijaga oleh petugas Polres Rejang Lebong dan anggota TNI dari Kodim 0409 Rejang Lebong baru selesai dilaksanakan panitia Pilkades pada pukul 21.00 WIB, dimana suara terbanyak direbut oleh Saipul Apindi sebanyak 537 suara, tempat kedua Sarpan sebanyak 328 suara, seterusnya Yen Juna sebanyak 200 suara dan Samsudin yang mendapatkan 174 suara.

Sementara itu hasil Pilkades di empat desa lainnya kata dia, untuk Desa Ujan Panas, Kecamatan Padang Ulak Tanding di menangkan oleh Johan Supri dengan perolehan suara sebanyak 197 suara, mengalahakn saingannya Sarmedi yang hanya mendapatkan 149 suara.

Kemudian hasil Pilkades di Desa Turan Baru, Kecamatan Curup Selatan dimenangkan Sufran Effendi dengan perolehan suara sebanyak 309, tempat kedua Rasidi dengan perolehan 248 suara dan Karmidi yang memperoleh 30 suara.

Seterusnya hasil Pilkades di Desa Tebat Tenong Luar, Kecamatan Bermani Ulu Raya dimenangkan oleh Fahrizal calon nomor urut satu dengan perolehan 177 suara, disusul Usman dengan perolehan 157 suara, Dapit Utanto 129 suara, Usman S mendapatkan dua suara dan Arnoldi hanya mendapatkan satu suara.

Sedangkan hasil Pilkades di Desa Pelalo, Kecamatan Sindang Kelingi kata dia, perolehan suara terbanyak di rebut Yusran dengan perolehan suara sebanyak 323, tempat kedua Zainal Ali dengan perolehan 302 suara, tempat ketiga Abidinsyah sebanyak 268 suara dan Ayunani memperoleh 192 suara.***2***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga