Sabtu, 23 September 2017

Jumlah PNS Rejang Lebong Terus Berkurang

id PNS, Rejang Lebong
Jumlah PNS Rejang Lebong Terus Berkurang
Ilustrasi PNS (Foto Istimewa)
Rejang Lebong (Antara) - Seorang pejabat Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang ada di daerah itu saat ini terus berkurang.

Menurut Sekretaris BKPP Rejang Lebong, Sunar Priyadi di Rejang Lebong, Rabu, berkurangnya jumlah PNS karena adanya pegawai yang pindah, meninggal dunia dan pensiun dengan jumlah mencapai ratusan orang.

"Setiap tahun banyak PNS yang pensiun kemudian pindah ke daerah lainnya atau PNS yang meninggal dunia, idealnya ini juga dibarengi dengan penerimaan CPNS sehingga pelayanan masyarakat dapat berjalan maksimal," katanya.

Berdasarkan data yang ada di BKPP Rejang Lebong, kata dia, pada tahun ini jumlah PNS yang akan memasuki masa pensiun mencapai 169 orang.

Sementara itu 2018, jumlah PNS yang telah mengusulkan pensiun sebanyak 158 PNS, dimana usulan ini diajukan 6 bulan sebelum masa pensiun berakhir.

Kalangan PNS yang pensiun ini berasal dari berbagai dinas di lingkungan Pemkab Rejang Lebong, maupun tenaga pendidikan serta kesehatan yang tersebar dalam 15 kecamatan di wilayah itu.

Sementara itu untuk informasi penerimaan CPNS, kata dia, saat ini belum di ketahui kapan akan dibuka oleh pemerintah mengingat moratorium CPNS belum di cabut oleh pemerintah pusat.

"Meski saat ini jumlah PNS dilingkungan Pemkab Rejang Lebong terus berkurang, namun pelayanan terdahap masyarakat masih bisa berjalan maksimal. Hal ini dilakukan dengan pola pemberdayaan PNS yang ada," ujarnya.

Sementara itu perkembangan jumlah PNS yang ada di daerah itu terhitung hingga sampai akhir 2015 lalu tercatat sebanyak 5.719 orang dengan rincian formasi umum 1.451 orang, kemudian tenaga fungsional 3.395 orang, dan tenaga struktural 873 orang.***2***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga