Bengkulu (Antara Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofiska Bengkulu mengimbau warga pada dua daerah berpeluang hujan lebat, untuk selalu waspada karena berpotensi menimbulkan banjir.

Prakiraan ancaman hujan lebat itu terjadi di Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Utara, dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat Celcius dan kelembaban antara 64-100 persen, kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Diah Novita Astuti, di Bengkulu, Sabtu.

Menurut dia, delapan kabupaten dan kota lainnya di Bengkulu berpeluang cerah berawan hingga hujan ringan, terutama terjadi di Kabupaten Kaur dan Rejang Lebong, suhu udara berkisar 20-29 derajat Celcius dan kelembaban antara 75-99 persen.

Hasil pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sepanjang wilayah pesisir barat Pulau Sumatera, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu hingga Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah barat hingga timur laut dengan kecepatan berkisar 5-32 km/jam atau 3-18 knot.

Prakiraan gelombang laut di barat Bengkulu mencapai tinggi dua meter, angin berembus dari arah barat hingga utara dengan kecepaan berkisar 7-20 knot.

Gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano juga rata-rata tinggi dua meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah barat hingga timur laut dan dari arah barat hingga utara, dengan kecepatan berkisar 3-20 knot. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013