London (Antara Bengkulu) - Sepak bola Inggris "100 persen bersih" dengan tidak adanya wasit-wasit yang korup, demikian dikatakan pelatih Arsenal Arsene Wenger pada Jumat, saat ia mengeksepresikan rasa terkejutnya terhadap besarnya skandal pengaturan pertandingan global yang telah menyelimuti olahraga ini.

Kepolisian Eropa pada Senin mengatakan sekitar 680 pertandingan yang mencurigakan, termasuk kualifikasi Piala Dunia, Piala Eropa, dan Liga Champions, telah didentifikasi dalam penyelidikan pengaturan pertandingan.

Wenger berkata ia ragu masalah serupa terdapat pada olahraga di Inggris.

"Secara pribadi saya merasa sepak bola Inggris bersih 100 persen dari kecurangan," kata pria Prancis ini kepada para pewarta di konferensi pers pra pertandingan menjelang lawatan Arsenal ke markas Sunderland di Liga Utama Inggris pada Sabtu. "Saya tidak berpikir para wasit bertindak korup."

"Pada olahraga secara umum, saya tidak berpikir itu merupakan masalah di permainan Inggris," tambahnya. "Itulah mengapa hal ini mengejutkan kami sebab kami yakin kami hidup di dunia di Inggris di mana di ini bukan dunia yang sempurna, namun saya tidak berpikir kecurangan atau pengaturan pertandingan merupakan masalah."

"Itu terjadi di Eropa sebelumnya, itulah yang saya yakini, di mana para wasit tidak selalu jujur, khususnya di beberapa negara. Namun Anda selalu harus waspada, memiliki keyakinan diri, membuktikannya, dan hal-hal itu menjadi lebih sulit (untuk dipraktekkan)."      

Wenger berkata ini waktunya untuk mengatasi masalah ini dengan "cara yang serius" sebab "olahraga penuh dengan legenda-legenda yang faktanya melakukan kecurangan-kecurangan."

Mengacu kepada temuan-temuan kepolisian Eropa perihal pengaturan pertandingan ia menambahkan, "Itu benar-benar mengejutkan... jumlah pertandingan yang telah diatur.

"Saya tidak dapat menerimanya dan saya selalu yakin bawha terdapat banyak hal curang pada permainan kami, dan bahwa kami tidak cukup kuat dengan semua yang terjadi, apakah dengan doping, atau dengan korupsi para wasit, atau dengan pengaturan pertandingan."

"Inilah waktunya bagi kita untuk mengatasi masalah ini dengan cara yang sangat serius, dan orang-orang yang curang dihukum dengan cara yang sangat setimpal." (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013