Bandung (Antara Bengkulu) - Para penikmat jajanan dan kuliner tradisional Nusantara yang datang ke Kota Bandung pada Sabtu (9/2) dimanjakan di ajang Festival Jajanan Bango 2013 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Sejumlah masakan tradisional Nusantara dari sejumlah daerah di Indonesia hadir di gerai-gerai Festival Jajanan Bango di kawasan taman terbuka di jantung Kota Bandung itu.

Kegiatan yang disponsori oleh produsen Kecap Bango tersebut menampilkan sejumlah manakan tradisional Nusantara yang legendaris.

"Festival Jajanan Bango ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk ikut melestarikan kuliner tradisional di Nusantara, juga  mengajak masyarakat untuk mengenal dan melestarikan warisan leluhur di bidang kuliner," kata Senior Brang Manager Bango Marieska di sela-sela FJB 2013 itu.

Kegiatan yang bertema Legenda Kuliner Nusantara tersebut menampilkan puluhan gerai jajaran kuliner terkenal, termasuk 10 jenis kuliner tradisional yang telah menjadi legenda Nusantara yang secara khusus disajikan di ajang festival kuliner itu.

"Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang mempertahankan jenis kuliner legendaris, Bango juga mendorong agar para 'penjaga gawang' masakan kuliner tradisional untuk tetap mempertahankan eksistensinya," kata Marieska.

Ia menyebutkan bahwa produsen kecap itu komitmen untuk menggandeng para pengelola kuliner tradisional agar bisa berkembang dan dikenal oleh masyarakat sebagai kuliner khas daerah masing-masing.

"Kami memberikan kesempatan bagi warga Bandung dan wisatawan penikmat kuliner untuk hadir dan mengisi kunjungannya di festival kuliner ini," katanya.

Setelah Bandung, kegiatan itu selanjutnya akan digelar di sejumlah kota 'kuliner' lainya, seperti Malang, Surabaya, Semarang, dan Jakarta. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013