Jambi  (ANTARA Bengkulu) - Dodol kentang produksi rumah tangga masyarakat  Desa Lubuk Nagodang, Kabupaten Kerinci dijadikan makanan ringan untuk menjamu para tamu pada Hari Pers Nasional di Jambi, 9 Februari 2012.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Zaki di Jambi, Kamis mengatakan, selain dodol kentang juga sale nenas goreng produksi rumah tangga warga Desa Tangkit Kabupaten Muarojambi sebagai menu makanan ringan untuk menjamu para tamu Hari Pers Nasional (HPN) 2012 yang dijadwalkan akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Tiap tamu HPN yang datang, pada ruang kedatangan VIP room Bandara Sultan Thaha akan disajikan makanan ringan produksi kerajinan rumah tangga dari berbagai daerah di  Jambi," katanya.

Ia menyebutkan, tujuan penyajian makanan produksi rumah tangga daerah itu untuk mengenalkan makanan khas daerah pada tamu yang datang sekaligus untuk memperluas pemasaran.

Tamu yang mencicipi makanan rumah tangga produksi warga tersebut, nantinya juga akan menjadi buah tangan dan diperkenalkan di daerahnya masing-masing.

Ia mengatakan, selain dodol kentang dan sale nenas goreng yang dijadikan menu jamuan tamu HPN tersebut, juga disajikan minuman sirup kulit manis dan teh kayoe aro.

Minuman sirup kulit manis dan teh kayoe Aro juga minuman andalan daerah Jambi untuk dipasarkan ke luar daerah.

Minuman sirup kulit manis adalah minuman segar atau berhasiat yang bahan bakunya diramu dari tanaman kulit manis yang juga bisa digunakan untuk, parfum, bumbu masakan, zat pewarna, bahan kosmetik dan lainnya.

Sementara itu teh kayoe aro adalah minuman produksi PTPN VI Jambi-Sumbar yang merupakan kebun teh tertua di Asia yang sudah berusia ratusan tahun.

"Minuman dan makanan ringan khas daerah itu nantinya diharapkan dapat menarik dan disukai tamu HPN 2012 yang  dihadiri dari berbagai daerah bahkan luar negri sehingga dengan sendirinya nanti keberadaan produk tersebut makin terkenal," katanya. (ANT)

Pewarta:

Editor : Indra Gultom


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012