Bengkulu,  (Antara Bengkulu) - Pemerintah Kota Bengkulu akan merenovasi Taman Remaja menjadi kebun binatang yang akan dihuni hewan sungguhan.

"Kalau saat ini banyaklah patung hewannya dari pada hewan asli, dan kebun binatang berisikan patung seperti ini sangat tidak mendidik bagi anak-anak," kata Wali Kota Bengkulu, H. Helmi Hasan, di Kota Bengkulu.

Menurutnya, merenovasi Taman Remaja menjadi kebun binatang sunggguhan akan menjadikan tempat tersebut lebih baik apalagi memang merupakan tempat yang cocok dibangun kebun binatang.

"Taman Remaja merupakan tempat yang sangat strategis, jika direnovasi tampat tersebut akan lebih baik dan memang berisikan hewan asli sehingga nantinya tidak ada lagi anak-anak yang bertanya `mak kenapo binatang ini kupingnyo ilang sebelah`," kata dia.

Wali kota itu menjelaskan Taman Remaja terdapat di dalam Kota Bengkulu sehingga menjadikannya tempat yang straregis serta tempat yang unik untuk mendirikan kebun binatang.

"Taman Remaja luasnya sekitar 4-5 hektar dan itu bisa kita kelola, di sana bukan hanya sekedar akan dijadikan kebun binatang tetapi juga ada tumbuh-tumbuhan karena di sana tumbuh varietas bunga langka di dunia, dan ini yang menjadikannya unik," kata dia.

Ia juga menjelaskan, pernah mencari tempat pembangunan kebun binatang selain di Taman Remaja, namun tidak ditemukan tempat yang lebih cocok.

Mengenai pengelolaan Taman remaja menjadi kebun binatang, menurut Helmi tempat tersebut akan dikelola oleh pihak ketiga yang berasal dari pengusaha-pengusaha kebun binatang.

"Nanti tanggal 6 Maret akan kita undang pengusaha-pengusaha kebun binatang untuk membantu Bengkulu agar Kota Bengkulu juga punya kebun binatang," kata dia.

Menyerahkan pengelolaan kepada pihak ketiga menurut Helmi merupakan suatu langkah yang efisien karena tidak akan memberatkan APBD Kota Bengkulu.

"Dengan diserahkan kepada pihak ketiga Taman remaja akan menjadi sumber PAD yang besar tanpa mengeluarkan satu sen pun dari APBD kita," kata dia. (boy)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013