Munich (Antara Bengkulu) - Semifinalis Liga Champions Borussia Dortmund mengonfirmasi pada Selasa bahwa bintang Jerman Mario Goetze akan bergabung dengan rivalnya di Liga Jerman Bayern Munich pada musim depan, dengan kesepakatan yang dilaporkan senilai 37 juta euro.

Gelandang serang berbakat berusia 20 tahun itu dikontrak Dortmund sampai 2016, namun terdapat ketentuan yang membuat dia dapat hengkang dengan nilai 37 juta euro, menurut harian Jerman Bild.

Dortmund mengonfirmasi bahwa agen Goetze, Volker Struth, belakangan ini menginformasikan kepada mereka bahwa Goetze akan menggunakan klausa itu dan akan pindah ke Bayern pada 1 Juli - hari pertama mantan pelatih Barcelona Pep Guardiola mengambil alih kendali sebagai pelatih Bayern.

Transfer ini membuat dirinya mencetak rekor pembelian termahal sesama klub Jerman, melampaui catatan sebelumnya yakni 35 juta euro, yang dibayarkan Bayern ke VfB Stuttgart untuk mendatangkan Mario Gomez pada 2009.

Sebanyak 40 juta euro dibayarkan Bayern ke Athletic Bilbao pada tahun lalu, ketika Javi Martinez mencetak rekor transfer Liga Jerman.

Menurut surat kabar lembah Ruhr, Ruhr Nachrichten, Goetze akan digaji sebesar 12 juta euro per tahun oleh Bayern.

Goetze adalah rekrutan pertama untuk tim Bayern musim depan, ketika Barcelona, Manchester City, dan Arsenal dilaporkan tertarik dengan pemain muda Jerman itu.

"Kami tentu saja sangat kecewa namun harus menegaskan bahwa baik Mario dan para penasehatnya telah bertindak dengan benar sesuai kontrak," kata ketua eksekutif Dortmund Hans-Joachim Watzke.

"Menurut opini saya, Bayern telah mengikuti kebijakan yang sama selama bertahun-tahun untuk memperlemah para kompetitor mereka."

"Kami mengharapkan lebih banyak serangan dari Munich dan akan berusaha memberikan perlawanan balik."

"Para pemain kami harus memutuskan untuk mereka sendiri klub mana yang memberi mereka paket terbaik."

Pemilihan waktu kesepakatan ini tidak banyak membantu Dortmund, yang menjamu Real Madrid pada pertandingan pertama semifinal Liga Champions pada Rabu, namun akan mendongkrak semangat Bayern, yang menjamu Barcelona pada Selasa di pertandingan empat besar lainnya.

Pelatih Dortmund Jurgen Klopp dan direktur olahraga Michael Zorc meminta para pendukung Dortmund untuk mendukung Goetze pada empat pertandingan liga terakhirnya, untuk klub yang dibelanya sebagai anak-anak berusia delapan tahun pada 2001 dan khususnya pada pertandingan Liga Champions.

"Saya telah mengetahui hal ini untuk beberapa waktu, ia tidak memutuskan untuk melawan rekan setimnya atau klub namun untuk Pep Guardiola," kata Klopp.

"Ia ingin mengambil kesempatan untuk bekerja dengan pelatih istimewa ini."

"Kami ingin mempertahankannya namun tanpa klausa Mario tidak akan menandatangani perpanjangan kontrak. Sekarang beritanya telah keluar, kami harus mengatasi semua konsekuensinya."

"Kami harus memperlihatkan bahwa Borussia Dortmund berada di atas segalanya."

Goetze merupakan salah satu bintang yang bersinar di tim Jerman, setelah melakukan debutnya sebagai pemain 18 tahun pada Oktober 2010, dan mencetak gol pertamanya lewat penampilan mengesankan saat ia pertama kali tampil sejak awal ketika menang 3-2 atas Brazil pada Agustus 2011.

Ketika penambahannya ke tim Bayern yang bertabur bintang dipastikan akan mendongkrak raksasa Bavaria itu, pada pendukung Dortmund telah melampiaskan kemarahan dan rasa frustrasi mereka pada halaman Facebook Goetze, di mana julukan "pengkhianat" menjadi salah satu isi komentar mereka.

Dortmund juga mengungkapkan bahwa mereka tidak menghubungi Bayern perihal masalah ini, namun seperti yang ditegaskan Klopp, Dortmund mendapat keuntungan dari situasi serupa ketika gelandang Marco Reus bergabung dengan mereka dari Moenchengladbach pada tahun lalu.

"Tahun lalu kami merekrut Marco Reus dengan biaya 17 juta euro, dan hal itu tidak mendapat banyak antusiasme di Moenchengladbach," ucapnya.

Setelah menjuarai gelar Liga Jerman selama dua musim terakhir, Dortmund takluk dari Bayern pada musim ini. Bayern memenangi Liga Jerman dua pekan silam, dengan enam pertandingan yang belum dimainkan dan keunggulan 20 angka.

Penerjemah: A.R.A Adipati

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013