Milan (Antara Bengkulu) - Sepasang gol larut dari  Arturo Vidal dan Claudio Marchisio memberi Juventus kemenangan 2-0 atas Torino pada derbi Turin pada Minggu, dan menjaga mereka tetap berada di jalur untuk mempertahankan gelar juara.

Di tempat lain, Fiorentina menjaga peluang mereka untuk mengakhiri musim dengan menduduki peringkat ketiga berkat kemenangan 2-0 di markas Sampdoria, meski La Viola harus kembali turun ke peringkat keempat ketika AC Milan mengamankan kemenangan 4-2 atas Catania.

Pada pertandingan pertama Minggu, Pablo Osvaldo mencetak hatrik dan Erik Lamela menyumbang satu gol saat AS Roma menghancurkan Siena 4-0 di Stadion Olympic untuk naik ke peringkat kelima, sedangkan Palermo meninggalkan zona degradasi berkat kemenangan 1-0 atas Inter Milan.

Kekalahan ke-13 Inter musim ini diperburuk dengan cedera tendon Achilles yang diderita kapten Javier Zanetti, dan membuat Tim Biru Hitam menduduki peringkat ketujuh, terpaut delapan angka dari Fiorentina yang menghuni peringkat keempat dan posisi teakhir Liga Champions.

Juventus memulai hari dengan melihat keunggulan 11 angka mereka atas Napoli berkurang menjadi delapan angka, setelah tim Selatan Italia itu menang atas Pescara pada pertandingan Sabtu malam.

Dan setelah penampilan ngotot dari tuan rumah di Stadion Olympic, diperlukan gol aneh dari Vidal empat menit sebelum peluit panjang berbunyi untuk membuat para penghuni bangku pemain cadangan Juventus bersorak gembira.

Enam menit berselang Marchisio mengunci kemenangan ke-25 Juventus musim ini, yang merestorasi keunggulan 11 angka mereka atas Napoli dengan hanya tersisa 12 angka untuk direbut pada empat pertandingan tersisa.

"Puja-puji kepada Torino sebab mereka menyulitkan kami. Namun kami ingin memenangi pertandingan ini dan kami mencapai tujuan itu," kata pelatih Juve Antonio COnte.

"Gol Vidal dan Marchisio begitu penting, sekarang kami hanya memerlukan satu angka untuk merayakan Scudetto kedua secara berturut-turut dengan tiga pertandingan tersisa: itu akan luar biasa."

Torino harus bermain dengan sepuluh pemain pada fase akhir pertandingan ketika bek Polandia Kamil Glik mendapat kartu merah akibat menerima kartu kuning kedua, menyusul pelanggaran terhadap Quagliarella, dengan demikian ia selalu diusir keluar lapangan pada dua kali derbi musim ini.

Sementara itu, Francesco Tottti gagal mencetak gol namun ia menyiapkan umpan matang bagi gol pertama Osvaldo dan Lamela dua menit berselang, sebelum memberikan assist bagi gol ketiga pemain Argentina kelahiran Italia Osvaldo.

Setelah gejolak pada pertengahan musim, Roma sekarang berada di peringkat kelima dan berpeluang untuk  berpartisipasi di Liga Europa musim depan.

Sementara itu, Milan merasakan kengerian dari Catania sebelum Giampaolo Pazzini tampil sebagai pemain pengganti untuk menginspirasi kemenangan 4-2 di San Siro, yang memberi Si Merah-Hitam keunggulan satu angka atas Fiorentina pada pertarungan mereka untuk peringkat ketiga.

"Kami harus memenangi pertandingan ini," kata Mario Balotelli, yang mencetak gol dari penalti ketika ia kembali bermain setelah menjalani skorsing dua pertandingan.

"Kami membuat kesalahan-kesalahan bodoh sehingga kemasukan dua gol, dan kemudian Pazzini masuk dan mencetak dua gol. Angkat topi untuk dia."

Setelah Balotelli, Kevin-Prince Boateng dan Stephan El Shaarawy menyia-nyiakan sejumlah peluang milik tuan rumah, secara mengejutkan Catania berhasil memimpin ketika Nicola Legrottaglie melompat melampaui para bek tuan rumah untuk menanduk tendangan bebas Francesco Lodi melewati Marco Amelia.

Bagaimanapun Milan tetap menghadirkan ancaman konstan, dan Boateng tidak beruntung ketika tembakannya dari umpan dada El Shaarawy membentur mistar gawang, setelah tersedikit disentuh kiper Alberto Frison.

Frison kemudian tampil baik untuk menepis tendangan bebas Balotelli dari jarak 25 meter, namun tidak banyak yang dapat ia lakukan ketika Mathieu Flamini mencetak gol melalui sodoran Boateng dari jarak dekat menjelang babak pertama usai.

Milan meneruskan dengan permainan positif namun tersentak ketika Gonzalo Bergessio memberi Catania keungulan setelah mendapat umpan silang di sisi kiri dan mencungkil bola melewati Amelia yang bergerak maju.

Merasa terancam, pelatih Milan Massimiliano Allegri menggantikan gelandang Alberto Nocerino dengan Pazzini.

Hampir sepuluh menit berselang Pazzini menyambar bola pantul dari tembakan Balotelli untuk mencetak gol dan menyamakan kedudukan bagi tuan rumah.

Tiga menit kemudian El Shaarawy memaksa kiper Catania melakukan penyelamatan, di mana Pazzini kemudian menctak gol untuk membawa tuan rumah berbalik unggul.

Balotelli memastikan kemenangan Milan pada masa tambahan waktu ketika ia memenangi penalti pada sisi pinggoir kotak penalti, dan eksekusinya tidak dapat dihentikan Frison.

Penerjemah: A.R.A Adipati

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013