Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan daerah itu cocok untuk dijadikan lokasi pengembangan tanaman bawang putih.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong Suherman didampingi Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Achmad Syafriansyah di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan tiga kecamatan di wilayah itu yakni Kecamatan Selupu Rejang, Sindang Kelingi dan Sindang Dataran dijadikan lokasi pembudidayaan tanaman bawang putih.

"Kabupaten Rejang Lebong ini cocok untuk pembudidayaan tanaman bawang putih, ini bisa dilihat dengan program budidaya bawang putih yang dilakukan dilaksanakan tahun ini di mana setiap kilogram bibitnya bisa menghasilkan 20 kg bawang putih," kata dia.

Dia menjelaskan hasil produksi tanaman bawang putih yang dihasilkan oleh petani di daerah itu kata dia, setara dengan produksi nasional yakni setiap kilogram benihnya yang ditanam bisa menghasilkan 15 hingga 20 kilogram bawang putih.

"Kalau dilihat dari beberapa kali panen yang kita lakukan, hasil panen kita rata-rata dari setiap kilogram bibitnya bisa mencapai 20 kg, walaupun di beberapa lokasi hasilnya tidak mencapai 20 kg," tambah dia.

Program budidaya tanaman bawang putih pada tahun ini kata Suherman merupakan program dari Kementerian Pertanian (Kementan) dengan luasan lahan yang menjadi sasaran 75 hektare tersebar di Kecamatan Selupu Rejang, Sindang Kelingi dan Kecamatan Sindang Dataran.

Produksi bawang putih yang dihasilkan oleh petani dari tiga kecamatan ini menurut dia, masih kecil-kecil dan sama dengan yang dihasilkan daerah lainnya di Tanah Air, tidak sama dengan bawang putih impor yang ukurannya besar-besar.

"Bawang putih yang dihasilkan petani dalam tiga kecamatan ini selain untuk dijadikan bibit turunan juga dijual. Hasil produksi tanaman bawang putih dipengaruhi oleh penanganan yang diberikan petani harus lebih ekstra dibandingkan tanaman lainnya," kata Suherman.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020