Padang Aro, Sumbar (Antara Bengkulu) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Isyuliardi Ma'as mengungkapkan hingga sekarang belum ada partai politik peserta Pemilu 2014 yang menyerahkan perbaikan Daftar Calon Sementara (DCS).

"Setelah satu minggu masa perbaikan diberikan kepada partai politik peserta pemilu di kabupaten ini, namun hingga sekarang belum ada yang mengembalikan ke KPU untuk kembali diperiksa atau diverifikasi guna dijadikan Daftar Calon Tetap (DCT)," kata dia di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, sesuai jadwal yang ditetapkan KPU masa perbaikan DCS tersebut hanya sampai 22 Mei 2013.

"Jika sampai tenggat waktu yang sudah ditetapkan parpol peserta pemilu belum juga mengembalikan berkas perbaikannya maka akan langsung dicoret," katanya.

Verifikasi DCS yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Solok Selatan dimulai sejak 23 April hingga 6 Mei, terdapat 282 calon yang diusung oleh 12 Parpol peserta pemilu.

Dari 282 tersebut belum ada satu pun calon yang memenuhi persyaratan administrasi dan kebanyakan kurang pada legalisir ijazah, Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Tanda Anggota (KTA) partai politik.

Hingga sekarang kata dia, KPU Solok Selatan masih menunggu perbaikan oleh 12 partai politik peserta pemilu.

Dia menjelaskan, setelah memasuki tahap penetapan DCT masih ditemukan bacaleg yang tidak memenuhi persyaratan maka KPU akan mencoretnya.

"Karena pada tahap ini semua berkas yang diserahkan harus sudah lengkap dan kita juga sudah menjelaskan persyaratan yang harus dipenuhi kepada partai politik untuk dilengkapi pada saat mengembalikan DCS tersebut," katanya.

Untuk pemilu 2014 nanti kata dia, 282 bacaleg tersebut akan memperebutkan 25 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten setempat.

Sedangkan untuk 10 orang wali nagari yang didaftarkan oleh parpol peserta pemilu katanya, hingga sekarang belum menyerahkan surat pengunduran diri mereka ke KPU.

"Memang batas waktu penyerahannya sampai 22 Mei tetapi jika mereka mengembalikan perbaikan tersebut lebih cepat akan semakin baik," katanya.

Sementara 12 Parpol yang melakukan perbaikan DCS yaitu Partai NasDem,PKB, PKS, PDIP, Golongan karya, Demokrat, Gerindra, Hanura, PAN, PPP, PBB dan PKPI. (Antara)

Pewarta: Oleh Hamriadi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013