Menghadapi ujian semester atau penilaian akhir semester ganjil 2020-2021, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu menerapkan model ujian semester terbaru dengan penggunaan penyiaran televisi.

MAN 1 Kota Bengkulu meluncurkan MAN_Model TV yang mengudara melalui live streaming di channel YouTube: man1kotabengkulu dan secara live di Instagram @man1bkl.

Penggunaan metode ini sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran COVID-19 maupun satu inovasi pembelajaran jarak jauh basis teknologi.

“Ini adalah acara perdana di madrasah kami. Kami sangat senang dapat mengembangkan diri dalam kemampuan penyiaran. Semoga saja MAN_Model TV dapat tayang setiap hari dengan konten-konten acara yang lebih menarik” kata Pengurus OSIS MAN 1 Kota Bengkulu, Siti Rahmatullah, Senin.

Program yang diinisiasi guru di sekolah tersebut, menampilkan kebijakan pembelajaran di masa pandemi sekaligus sistem ujian akhir sekolah terbaru juga teknis pelaksanan ujian melalui penyiaran.

"Ujian basis internet, setelah beberapa kali modifikasi, upgrade hosting menjadi VPS, upgrade processor dari 8 core menjadi 14 core dilakukan, akhirnya elearning tetap stabil meski diakses lebih dari 1.000 siswa dan guru dalam satu waktu," kata Tim Operator Elearning, Septriadi.

Septri mengatakan, keputusan ujian menggunakan internet dikarenakan memiliki kelebihan fitur-fitur yang cukup lengkap dan memudahkan guru dalam pengawasan ujian, mengontrol aktifitas siswa dan memasukkan soal.

Tak hanya itu, kedepan MAN_Model TV akan tayang setiap hari dengan durasi waktu lebih lama dengan menampilkan kreasi dan kreatifitas siswa dan guru sebagai media yang sangat berguna untuk dakwah melalui konten-konten religius, penampilan seni, media promosi produk-produk karya siswa dan guru, media iklan, sekaligus media informasi madrasah terkini. 

"Ini akan memperkuat peran madrasah di masyarakat sekaligus membangun ekonomi masyarakat," kata Septriadi.

Pewarta: Bisri Mustofa

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020