Bengkulu (Antara Bengkulu) - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu menggelar lomba motif batik khas Bengkulu yaitu besurek sebagai rangkaian agenda "Festival Bumi Rafflesia".

"Lomba kreasi motif batik besurek merupakan salah satu mata acara pada festival yang digelar pada 28 hingga 30 Juni 2013," kata Kepala Bidang Pengembangan Produk dan Pelayanan Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Suparhim Onoh di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan lomba kreasi motif batik tersebut bertujuan untuk melestarikan batik khas Bengkulu di daerah sendiri.

Selama ini kata dia, motif batik khas Bengkulu didominasi dua motif yakni bunga rafflesia yang merupakan endemik Bengkulu dan tulisan huruf kaganga.

"Sebenarnya banyak motif lain dari kabupaten dan kota. Kami ingin mengeksplor potensi yang ada di kabupaten dan kota," katanya.

Pada festival tersebut, selain melestarikan batik Bengkulu, juga digelar lomba memasak dengan kuliner khas Bengkulu.

Makanan tradisional khas dari kabupaten dan kota akan dilombakan yang tujuannya untuk melestarikan kuliner khas Bengkulu.

Festival yang berlangsung selama tiga hari yang dipusatkan di pusat latihan olahraga Pantai Panjang atau "sport center" tersebut juga menggelar lomba cipta lagu daerah.

"Festival ini lebih pada mengangkat budaya Bengkulu melalui pakaian, makanan dan lagu-lagu daerah," katanya.

Tidak hanya itu, juga digelar lomba lari marathon 10 kilometer, yang melintasi sejumlah objek wisata di daerah itu.

Festival bertaraf nasional itu kata dia, bertujuan untuk mengenalkan Bengkulu sebagai daerah tujuan wisata yang kaya potensi.

Menurutnya, kekayaan wisata sejarah, budaya, alam membuat Bengkulu menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik dan penting untuk dikunjungi.

"Melalui even tingkat nasional ini kami mengharapkan tingkat kunjungan wisatawan ke Bengkulu akan meningkat," ujarnya.

Selain itu, festival tersebut juga akan menunjang persiapan dan sosialisasi Bengkulu sebagai penyelenggara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) pada Februari 2014.

Untuk lomba "Offroad", pemerintah akan menyerahkan teknis persiapannya kepada organisasi Indonesia Offroader Federation (IOF) Bengkulu. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013