Bengkulu (Antara Bengkulu) - Kepolisian Daerah Bengkulu menyiagakan tiga pleton personel untuk membantu pengamanan pelantikan Wakil Bupati Seluma Mufran Imron di Seluma, Bengkulu.

"Kami menyiagakan satu satuan setingkat kompi untuk membantu pengamanan pelantikan wakil bupati besok (5/6)," kata Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Benny Mokalu melalui Kepala Bidang Humas Polda Bengkulu AKBP Hery Wiyanto di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan bantuan pengamanan dari Sabara tersebut sudah diberangkatkan ke Seluma.

Pelantikan wakil bupati Seluma Mufran Imron akan digelar dalam rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Seluma pada Rabu (5/6).

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengusulkan pelantikan wakil bupati untuk sisa masa jabatan 2010-2015 itu digelar di Kota Bengkulu dengan alasan keamanan.

"Jadwal pelantikan sudah diputuskan pada Rabu (5/6), Gubernur akan melantik wakil bupati Seluma," kata Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri.

Ia mengatakan hasil rapat koordinasi antara Pemda Provinsi Bengkulu, Pemda dan DPRD Kabupaten Seluma, Kepolisian Daerah, yang dipimpin Asisten I Pemprov Bengkulu Sumardi menyetujui jadwal pelantikan tersebut.

Pada rapat yang dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Seluma Zaryana Rait dan Sekretaris Daerah Seluma, Mulkan Tajudin itu disepakati bahwa kondisi keamanan di Seluma kondusif.

"Akhirnya diputuskan dilantik di Seluma karena kondisi keamanan kondusif," katanya.

Sebelumnya pada Februari 2013, Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah melantik bupati defenitif Seluma Bundra Jaya menggantikan Murman Efendi di Aula Serbaguna milik Pemprov Bengkulu di Kota Bengkulu.

Ketua DPRD Seluma Zaryana Rait mengatakan, Pemda dan DPRD Seluma sudah berkoordinasi dengan Kapolres Seluma dan menyatakan siap mengamankan jalannya pelantikan.

"Mereka siap menjamin keamanan, maka kami siap melaksanakan pelantikan di Seluma," katanya.

Mendagri memberhentikan Murman sebagai Bupati Seluma, setelah MA menolak kasasi kasus Murman Efendi yang divonis dua tahun penjara karena menyuap sejumlah Anggota DPRD Seluma untuk meloloskan Perda tentang proyek yang didanai dengan sistem tahun jamak.

Wakil bupati Seluma Bundra Jaya dilantik menggantikan Murman pada Februari 2013.

Selanjutnya anggota DPRD Seluma menggelar pemilihan wakil bupati dan Mufran Imron terpilih untuk mendampingi Bundra Jaya untuk sisa masa jabatan 2010-2015.

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013