Magelang (Antara Bengkulu) - Kegiatan "Borobudur International Festival" yang akan berlangsung pada 13-17 Juni 2013 melibatkan sekitar 4.000 seniman lokal dan mancanegera.

Manajer Organizer "Borobudur International Festival" (BIF) 2013 Devianti Putri di Magelang, Selasa mengatakan bahwa seniman mancanegara yang akan tampil berasal dari Thailand, China, Chili, Brunai, Brasil, dan Belgia.

"Salah satu penampilan spesial adalah konduktor Bartholomeus-Henri VAN de Velde," katanya.

Bartholomeus dikenal sebagai pendiri dinamis dan direktur musik Orchestra Charlemagne. Dia telah memimpin orkestra dalam pertunjukan di Brussels, Luksemburg dan Belanda, termasuk "Palais des Beaux-Arts" dan "Théâtre de la Monnaie" di Brussels serta "Concertgebouw" di Amsterdam.

Menurut dia, Bartholomeus akan berkolaborasi dengan Paulus Surya dalam memainkan orkestra. Kolaborasi keduanya akan bisa disaksikan pada seremoni pembukaan BIF 2013 pada 14 Juni 2013.

Ia mengatakan, persiapan pelaksanaan BIF sudah 70 persen. Pada H-1 dia memastikan seluruh persiapan telah selesai. Panitia tengah menyelesaikan pembuatan panggung utama dan 73 stan di Taman Lumbini kompleks Candi Borobudur.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo saat meninjau persiapan BIF mengatakan acara ini akan dihadiri 36 duta besar dan perwakilan negara sahabat. Para dubes tersebut diharapkan akan bercerita tentang pariwisata Jawa Tengah kepada masyarakat di negaranya masing-masing.

"Kami berharap BIF bisa berdampak positif pada pariwisata di Jawa Tengah. Kegiatan ini untuk menyukseskan program Visit Jateng 2013 yang berlangsung sampai 11 November mendatang," katanya. (Antara)

Pewarta: Oleh Heru Suyitno

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013