Kepahiang (Antara) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, menyatakan 138 orang peserta akan mengikuti ujian kesetaraan pakat C atau setingkat SMA pada 1-4 Juli 2013.

"Semula program ini diprioritaskan bagi siswa yang tidak lulus ujian nasional 2013, namun ternyata tidak ada pelajar yang tidak lulus UN, sehingga hanya diikuti oleh masyarakat umum," kata Kepala Seksi Pendidikan Swasta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kepahiang Neti Herawati, di Kepahiang, Jumat.

Ia mengatakan, para peserta yang akan mengikuti ujian paket C tahap kedua ini dilaksanakan di SMAN 1 Kepahiang,  pesertanya berasal dari enam pusat kegiatan belajar dan mengajar (PKBM) di antaranya PKBM Widya Kencana, Alena Smart, Azzahra, Harapan Bangsa, Srikandi dan Benuang Sehasen.

Pelaksanaan ujian kesetaraan paket C di daerah ini, kata dia, dilaksanakan pemerintah daerah setiap tahun, tujuannya membantu warga menyelesaikan pendidikannya sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau mencari pekerjaan.

Ia berharap warga yang sudah terdaftar sebagai peserta ujian paket C mempesiapkan diri  sehingga dapat lulus dengan hasil memuaskan.

Ujian kesetaraan paket C akan dilaksanakan serentak secara nasional, dengan soal dan lembar jawaban dikirim oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu.

Jadwal ujian untuk paket C IPA pada hari pertama adalah pendidikan kewarganegaraan dan bahasa Indonesia, hari kedua biologi dan kimia, hari ketiga fisika dan bahasa Inggris dan hari keempat  matematika.

"Sedangkan untuk ujian paket C IPS, hari pertama pendidikan kewarganegaraan dan bahasa Indonesia, hari kedua sosiologi dan geografi, hari ketiga ekonomi dan bahasa Inggris, serta hari keempat matematika.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013