Bengkulu,  (Antara Bengkulu) - Kementerian Pekerjaan Umum melalui Satuan Non-Vertikal Tertentu (SNVT) Balai Bina Marga Wilayah I Bengkulu menganggarkan dana sebesar Rp190 miliar pada tahun anggaran 2013 untuk perbaikan jalan lintas barat.

"Khusus untuk perbaikan jalan lintas barat wilayah Kota Bengkulu hingga Mukomuko ke perbatasan Sumatra Barat telah dianggarkan sebanyak Rp190 miliar," kata Kepala Satker SNVT Balai Bina Marga Wilayah I, Bambang Eko Saputro di Bengkulu.

Ia mengatakan bahwa anggaran tersebut termasuk untuk penanganan jalan lintas barat (Jalinbar) yang terancam ambles akibat abrasi.

Anggaran perbaikan jalan tersebut, menurutnya, mengalami peningkatan dari tahun anggaran 2012 yakni sebesar Rp155 miliar.

"Dari Rp190 miliar anggaran tahun ini, sekitar Rp125 miliar di antaranya untuk paket bantuan Bank Dunia selama dua tahun berturut-turut," katanya.

Peningkatan jalinbar, lanjut Bambang, akan dimulai dari Kecamatan Putri Hijau Seblat Kabupaten Bengkulu Utara sampai perbatasan Kabupaten Mukomuko.

Selain itu, penanganan jalinbar mulai dari jalur Kecamatan Ipuh-Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko.

Perbaikan di jalur Bintunan, Kecamatan Ketahun Bengkulu Utara, sepanjang tiga kilometer, juga akan mendapatkan prioritas.

Sebelumnya, tahun lalu pihaknya telah melakukan penanganan jalan yang sama sepanjang 5,5 kilo meter.

Untuk jalinbar di wilayah Urai-Serangai tahun ini akan diaspal dan tahun depan jika tidak ada kendala akan dipasang bronjong ruas kiri dan kanan jalan.

"Prioritas dalam tahun ini jalinbar yang mengalami abrasi dan ancaman terhadap abrasi," katanya.

Tentang realiasi anggaran tahun 2012, menurutnya, masih dalam tahap pembebasan lahan mulai dari Kecamatan Ipuh hingga Bantal, Kecamatan Teramangjaya. *

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013