Kantor Desa Bitung Jaya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu, pukul 21.30 WIB, terbakar sehingga mengakibatkan sejumlah arsip penting dan fasilitas kantor hangus dilalap api.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Kosrudin di Tangerang, Rabu, mengatakan, kebakaran terjadi saat kantor desa sudah dalam keadaan sepi sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

"Dari laporan yang diterima sekitar pukul 21.30 WIB, bahwa kebakaran Kantor Desa Bitung Jaya, Cikupa itu menghanguskan semua fasilitas di dalamnya," katanya.

Selain menghanguskan seluruh ruangan kantor desa, katanya, sejumlah perabotan di dalam ikut hangus terbakar ap di antaranya lemari, meja, kursi, dokumen-dokumen, dan arsip penting lainnya.

Menurut dia, terbakarnya seluruh bangunan dan fasilitas kantor desa akibat bangunan terbuat dari kayu sehingga api cepat menjalar ke seluruh ruangan.

"Bangunan banyak kayu maka api dengan cepat menjalar ke seluruh bangunan. Padahal jarak markas pemadam kebakaran dengan lokasi cukup dekat tetapi kita tidak bisa cepat memadamkan api," ujarnya.

Ia mengungkapkan hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran kantor desa. "Dugaan sementara karena korsleting listrik, tapi itu belum pasti. Petugas di lapangan masih menyelidiki," ungkapnya.


Unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Tangerang yang diterjunkan sebanyak 5 unit yang terdiri atas Damkar Pos Paskar Kemis, Damkar Pos Mako Curug, dan Pos Damkar Kelapa Dua. "Untuk personel Damkar kita terjunkan 25 orang," katanya.

Menurut informasi di lapangan, kata dia, kobaran api yang menghanguskan seluruh bangunan Kantor Desa Bitung Jaya tersebut saat ini sudah dapat dikendalikan dan dipadamkan.

"Personel di lapangan sudah dapat memadamkan api, dan sudah melakukan proses sterilisasi dengan pendinginan area," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021