PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu melakukan kegiatan penanaman ratusan bibit pohon tabebuya dan ketapang di dua tempat berbeda di Kota Bengkulu dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu Abdul Haris di Bengkulu, Senin mengatakan, kegiatan penanaman itu merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab Jasa Raharja terhadap isu lingkungan, terutama yang disebabkan oleh emisi dari kendaraan bermotor.

"Penanaman ini dilakukan di taman olahraga Bengkulu dan sebelumnya juga sudah dilakukan di lingkungan UPTD PPD Samsat Kota dan beberapa Kabupaten di Provinsi Bengkulu. Diharapkan dapat menjadi salah satu upaya restorasi ekosistem yang berdampak positif terhadap pelestarian lingkungan," ucapnya.

Haris menyebut kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) yang sejalan dengan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan tahun 2015 - 2030.

Program TJSL BUMN merupakan penyempurnaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan Program Corporate Social Resposibility (CSR) yang selama ini sudah dijalankan.

Selain kegiatan penanaman pohon, pada kesempatan yang sama PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu juga meresmikan perbaikan fasilitas olahraga.

"Dengan adanya perbaikan fasilitas olahraga ini diharapkan dapat mendukung sarana prasarana dan menjadi daya tarik di lingkungan Taman Olahraga Bengkulu," kata Haris.

Haris menjelaskan, pemilihan bibit pohon tabebuya dan ketapang kencana dikarenakan selain kedua jenis pohon tersebut termasuk pohon yang rimbun, pohon tabebuya dan ketapang kencana juga memiliki nilai estetika bagi lingkungan.

Menurutnya, restorasi ekosistem merupakan salah satu upaya untuk memulihkan kondisi lingkungan sebagaimana sedia kala sekaligus meningkatkan fungsi dan nilainya secara ekonomis dan ekologis.

Haris berharap kegiatan ini bisa berjalan secara berkesinambungan, sehingga mampu meningkatkan kelangsungan hidup ekosistem lingkungan hidup, dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Kegiatan penanaman pohon ini juga mendukung terciptanya lingkungan pelayanan yang asri dan teduh di lingkungan publik.

"Kita perlu sama-sama peduli menjaga lingkungan, karena sangat sayang jika sudah dilaksanakan kegiatan seperti ini tetapi keberlangsungannya tidak dijaga," demikian Haris.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021