Jakarta,  (Antara) - Universitas Budi Luhur Jakarta melakukan pengenalan Budaya Jepang kepada mahasiswa dan masyarakat terkait bentuk kerja sama bidang kebudayaan yang telah disepakati.

        "Dengan pengenalan budaya Jepang kepada mahasiswa dapat diambil nilai edukasi bagi bekal pembelajaran," kata Kepala Biro Humas Universitas Budi Luhur, Linda Islami di Jakarta, Senin.

        Ia mengatakan, UBL pun sebelumnya pada bulan Februari 2013, melakukan kerja sama dengan Asia University, Jepang.

        Kerja sama yang disepakati yakni pertukaran akademik baik di tingkat staf maupun mahasiswa dan juga kerja sama di bidang riset maupun publikasi akademik serta bidang kebudayaan Indonesia dan Jepang.

        Pihak Asia University diakui Linda, tertarik dengan program pengabdian masyarakat dari UBL yaitu Rumah Cerdas Berbudi Luhur (RCBL) di Desa Madurejo Prambanan dan Desa Gantiwarno Klaten.         Sedangkan bagi UBL, kehadiran mahasiswa dari Jepang dapat memberi nilai tambah dalam membuka wawasan terhadap kebudayaan Jepang.

        Ketua Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro mengatakan, sudah empat puluh tahun negara - negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia, menjalin pertemanan dan kerja sama dengan Jepang.

        Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki hubungan baik dengan Jepang. Hubungan bilateral antar negara yang baik membawa dampak terhadap akulturasi budaya negara setempat, terlebih bagi masyarakat Indonesia.

        Oleh karena itu, saat ini banyak masyarakat Indonesia sangat tertarik dengan acara yang berkaitan dengan Jepang, baik kesempatan belajar di Jepang, event, film anime, manga, cosplay, makanan, hingga pakaian. "Trend masyarakat terhadap style Jepang begitu menanjak saat ini," ujarnya.

        Salah satu rangkaian acara yang telah dilakukan adalah dengan menyelenggarakan festival kebudayaan Jepang oleh Japanese Club Budi Luhur (JANCUBU).

        Berbagai acara pun disajikan yakni pameran permainan tradisional Jepang, pameran fotografi, Pemutaran Film (Uchu Kyodai), Bazar makanan khas Jepang, Bazar aksesoris Jepang, Obake Yashiki (Rumah Hantu), Hanabi, Lomba Manga, Lomba Makan Ramen, Lomba Makan Takoyaki, Lomba Cosplay, Cover Dance dan flashmob. ***4***

Pewarta: Oleh Achmad Irfan

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013