London,  (Antara/Xinhua-0ANA) - Festival Film Internasional China pertama di London Jumat malam dibuka di Central Hall Westminster.

        Didukung oleh Administrasi Umum Negara di bidang Pers, Publikasi, Radio, Film dan Televisi serta British Council, pembukaan festival ini dihadiri oleh para sutradara terkenal, aktor dan aktris termasuk Xie Fei, Simon Yam, Jaycee Chan, Huang Yi dan Fan Bingbing.

        Dalam sebuah pesan yang dikirim kepada upacara pembukaan, Duta Besar China Liu Xiaoming mengatakan, "Dengan meningkatnya pertukaran antara China dan negara-negara asing, film telah menjadi media penting untuk meningkatkan pemahaman, dan berharap festival bisa menjadi jendela untuk menampilkan budaya China serta pembangunan sosialnya.

        Sebanyak 15 film China, termasuk "Lost in Thailand", "So Young and Silent Witness", akan diputar selama acara empat hari di festival itu.

        "Kami berharap bahwa festival ini bisa menjadi hadiah Natal bagi rakyat Inggris," kata Kong Xiangxi, pendiri festival.

        Dia mengatakan kepada Xinhua bahwa mereka memiliki rencana ambisius. "Ini hanya awal ... ," kata dia.

        "Kami benar-benar bertujuan untuk mempromosikan festival film China di lima negara Eropa, termasuk Inggris, Jerman, Italia, Prancis dan Austria."

Penerjemah A. Krisna

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013