Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memanfaatkan momentum peringatan Hari Pers Nasional di Kota Bengkulu, 7-9 Februari 2014, untuk mempromosikan semua kesenian tradisional berasal dari daerah itu.

"Kesenian tradisional kita akan tampil perdana saat pembukaan Hari Pers Nasional (HPN), kita akan tampilkan tarian gandai," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Yulia Reni di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan penampilan berbagai kesenian tradisional berasal dari daerah itu, selain menghibur peserta peringatan HPN, juga dapat diperkenalkan kepada orang lain terutama dari luar Bengkulu.

Ia menjelaskan kesenian tradisional yang akan ditampilkan itu, seperti tarian gandai asli daerah setempat yang akan ditampilkan oleh anggota Sanggar Palito Kecamatan Pondok Suguh.

Selain itu, ata dia, daerah itu juga akan menampilkan atraksi dari grup dendang lestari dengan tarian sempaya.

Selain itu, persembahan artis lokal dengan dua lagu asli setempat yang berjudul Mukomuko Mengimbau dan Kalaut.

Ia menjelaskan  bahwa berbagai kesenian tarian dan lagu asli dari daerah itu ditampilkan selama 30 menit, saat pembukaan HPN.

"Kita diberikan waktu oleh panitia untuk mengisi pembukaan dengan kesenian tradisional itu selama kurang lebih 30 menit," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa kesenian daerah setempat berupa tarian dan nyanyian dipersembahkan oleh sanggat binaan dari pemerintah setempat melalui instansi itu.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014