Bengkulu (Antara) - Masyarakat Kota Bengkulu mengapresiasi pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) dan Pameran Pers yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia di kota itu.

"Kami berterimakasih kepada para wartawan yang menunjuk Bengkulu sebagai penyelenggara Hari Pers Nasional, manfaatnya sangat banyak," kata Dedi Arnandi, di lokasi Pameran Pers di kawasan wisata Pantai Panjang, Senin.

Dia mengatakan, Pameran Pers yang baru pertamakali dilaksanakan di daerah ini memberi wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat setempat.

Masyarakat juga mendapat pemahaman lebih luas tentang fungsi dan peran media massa dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Bengkulu semakin ramai dan patut bangga dipercaya sebagai tuan rumah. Kami bisa berinteraksi langsung dengan insan pers di Pameran Pers," ujarnya.

Selain menggelar Pameran Pers 6 - 10 Februari di kawasan "sport center" Pantai Panjang, panitia juga menggelar HPN Expo yang mengenalkan sejumlah produk unggulan dari daerah Bengkulu.

Keberadaan insan pers di Bengkulu menurut mahasiswa Universitas Bengkulu ini diharapkan dapat mengangkat potensi yang dimiliki Bengkulu ke luar daerah hingga luar negeri.

Menurut Melly Karina, mahasiswa Fakultas Fisipol Universitas Bengkulu, Pameran Pers yang diisi sejumlah media massa, termasuk LKBN Antara sangat bermanfaat untuk menambah wawasan masyarakat akan dunia pers.

"Termasuk Kantor Berita Antara yang selama ini memberikan pencerdasan melalui pemberitaan dan mengangkat potensi dan hal-hal positif dari Bengkulu, dengan pemberitaan yang berimbang, hanya memang perlu dikenal lebih luas oleh masyarakat," katanya.

Namun ia yakin dengan era digitalisasi saat ini, media "online" termasuk Antara akan lebih mendapat tempat di ruang publik karena masyarakat semakin mudah mengakses melalui akun jejaring sosial dan lainnya.

Sementara Manajer Humas dan Kemitraan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Prima Yanti mengapresiasi antusiasme masyarakat Bengkulu mengunjungi stan Pameran Pers.

Dia mengatakan, pengunjung pada umumnya antusias mengabadikan "backwall" dan "backdrop" Antara yang terpasang di lokasi pameran.

Selain itu ada juga pembagian buku, kipas, mainan kunci yang diberikan kepada pengunjung setelah mengisi buku tamu.

"Ada juga pengisian kuisener dan permainan interaktif untuk anak-anak yang peminatnya sangat tinggi," katanya.

Prima mengatakan, pameran pers yang setiap HPN diikuti LKBN Antara bertujuan mendekatkan kantor berita negara itu kepada publik.

Apalagi sejak status LBKN Antara bertransformasi menjadi Badan Usaha Milik Negara pada 2007, kantor berita itu sudah "go ritel" atau bersentuhan langsung dengan publik atau pelanggan dengan konsep "bisnis to costumer".

"Selama ini masyarakat mengenal Antara sebagai distributor berita atau gudang berita dan bermain di balik layar, saat ini sudah berjualan langsung ke publik," katanya.

Keikutsertaan pada Pameran pers tersebut, lanjutnya, bertujuan mengenalkan Antara sebagai media bisnis dengan berbagai produk yang ditawarkan antara lain portal berita Antaranews.com, Antarafoto, AntaraPRWire, AntaraTV, Gohitzz.com dan lainnya.

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014