Bengkulu (Antara) - KPU Kota Bengkulu memprediksi jumlah pemilih dalam daftar pemilih khusus (DPK) didaerah itu akan melebihi dua ribu pemilih.

"Sekarang sudah 1.800 pemilih yang terdaftar sebagai DPK, dan akan bertambah lagi karena dari data dari setiap PPS terus masuk," kata Komisioner KPU Kota Bengkulu Divisi Perencanaan dan Data, Zaini di Bengkulu, Jumat.

Kemungkinan penambahan DPK tersebut menurut dia, disebabkan juga karena pendaftaran masih akan dibuka hingga 14 hari sebelum hari pencoblosan 25 Maret 2014.

"Kita masih membuka peluang kepada masyarakat yang belum terdaftar di DPT maka silahkan datang ke PPS setempat untuk didaftarkan menjadi daftar pemilih khusus," kata dia.

Namun jika masih ada masyarakat yang masih belum terakomodir di DPT dan DPK, maka menurut Zaini, calon pemilih akan dimasukkan ke dalam daftar pemilih tambahan.

"Masyarakat bisa langsung datang ke KPU, PPK dan PPS dan membawa identitas yang sah, namun untuk daftar pemilih tambahan ini terbatas karena bergantung dengan ketersediaan surat suara, oleh karena itu kita mengharapkan masyarakat mengecek nama mereka apakah terdaftar di DPT atau tidak, kalau tidak silahkan mendaftar sebagai DPK," katanya.

Sebelumnya pada 18 Januari 2014 KPU setempat telah menetapkan DPT Kota Bengkulu menjadi 247.230 pemilih setelah melakukan validasi ulang terhadap daftar pemilih.

"Daftar pemilih tetap (DPT) tidak dapat ditambah lagi, hanya bisa dikoreksi dari NIK bermasalah, penghapusan data pemilih ganda sebanyak 788 pemilih, serta pemilih yang meninggal, oleh sebab itu yang belum masuk DPT akan dimasukkan ke DPK," katanya.

Jumlah sementara DPT daerah itu setelah dilakukan pemutakhiran tersebut yakni terdiri dari 123.630 pemilih laki-laki dan 123.600 pemilih perempuan.

Sementara itu total tempat pemilihan suara (TPS) di sembilan kecamatan di daerah itu, kata Darlinsyah berjumlah 677 TPS.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014