Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menargetkan kafilah dari wilayahnya bisa meraih gelar juara umum dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Bengkulu pada Mei 2022.

"Kontingen atau kafilah MTQ Kabupaten Rejang Lebong yang akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Bengkulu di Kabupaten Kaur pada bulan Mei mendatang ini ada 47 orang, targetnya setinggi-tingginya, kalau bisa juara umum," kata Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi usai menghadiri pembekalan peserta MTQ di Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan, kafilah peserta MTQ meliputi utusan dari 15 kecamatan yang menjuarai MTQ Tingkat Kabupaten Rejang Lebong pada 21 sampai 24 Maret 2022.

Sebelum mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Bengkulu pada 22 sampai 28 Mei 2022, anggota kafilah MTQ Rejang Lebong menjalani pelatihan dan pembinaan dari tim yang disiapkan oleh pemerintah kabupaten.

Bupati mengemukakan bahwa MTQ merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan daerah yang religius.

"Kabupaten Rejang Lebong ini memiliki Program Rejang Lebong Religius. Jadi ini tidak bisa tercapai kalau kita tidak bisa mengaji. Makanya kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita menggalakkan mengaji dan sebagainya. Ini merupakan event (ajang) unjuk kebolehan sehingga mudah-mudahan Program Rejang Lebong Religius bisa terwujud," katanya.

Pada MTQ Tingkat Provinsi Bengkulu ke-34 tahun 2019, kafilah Kabupaten Rejang Lebong berhasil memperoleh lima medali emas dari cabang tilawah cacat netra putri, tilawah putra dewasa, hifdzil Quran 10 juz putri, hifdzil Quran 20 juz putri, dan khatmil Quran golongan naskah putera.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022