Bengkulu (Antara) - Anggota Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu menyediakan jasa pemandu bagi pengunjung habitat bunga langka Rafflesia arnoldii di kawasan hutan Kabupaten Seluma, Bengkulu.  

"Kami bersedia memandu pengunjung yang berminat ke habitat bunga rafflesia di Seluma," kata Koordinator KPPL Bengkulu Sofian Ramadhan di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan komunitas itu juga sudah melakukan pendekatan ke masyarakat setempat yang siap dilibatkan untuk pelestarian habitat Rafflesia arnoldii di wilayah itu.

Sebelumnya Doni warga Desa Padangcapo mengatakan ada enam kuntum bunga Rafflesia arnoldii yang akan mekar di kawasan hutan dekat desa itu.  

"Saat kami temukan ada dua bunga yang sedang mekar dan enam kuntum yang akan mekar beberapa hari lagi," katanya.

Lokasi tersebut, menurut dia, dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua selama tiga jam dari Kota Bengkulu menuju Desa Padangcapo lalu berjalan kaki ke dalam hutan selama satu jam.

Menurut Sofian Ramadhan, penemuan habitat bunga Rafflesia di Seluma merupakan momen langka, apalagi ada enam kuntum yang diprediksi mekar bergantian.

"Selama ini kami temukan dua kuntum yang mekar bersamaan, tapi kalau ada enam kuntum yang mekar sekaligus, ini dapat disebut taman bunga rafflesia," katanya.

Komunitas itu mencatat habitat Rafflesia meliputi Kabupaten Kepahiang,  Bengkulu Tengah, Kabupaten Mukomuko, Lebong, Kaur, Seluma dan Bengkulu Utara.

Menurut dia, ada empat jenis bunga Rafflesia yang tumbuh di kawasan hutan Bengkulu yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia hasseltii dan Rafflesia gadutensis.

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014