Bengkulu (Antara) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  memimpin perolehan kursi legislatif Provinsi Bengkulu dengan meraih tujuh kursi.

"Kami memastikan tujuh kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, lima daerah pemilihan sudah pleno," kata Ketua DPD PDIP Provinsi Bengkulu Elva Hartati Murman di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan kemenangan partainya dengan memperoleh kursi terbanyak di DPRD menjadi bukti dukungan masyarakat bagi partai berlambang banteng itu.

Selain daerah pemilihan Bengkulu Utara dan Kabupaten Mukomuko, lima daerah pemilihan lainnya sudah menggelar pleno dan menetapkan hasil pemilu legislatif.

Lima suara yang menjadi hak PDIP yakni dari Kota Bengkulu, Seluma, Kepahiang, Lebong-Rejanglebong, dan Bengkulu Selatan-Kaur.

"Sedangkan daerah pemilihan Bengkulu Utara dan Mukomuko hanya menunggu penetapan, tapi sudah pasti masing-masing satu kursi," tambahnya.

Dengan perolehan tujuh kursi dan menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak, maka anggota legislatif dari PDIP akan menjadi pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu.

Saat ini kata dia, pengurus partai dan calon anggota legislatif yang mendapat kursi di DPRD provinsi akan menetapkan pimpinan lembaga legislatif itu.

"Ada beberapa kriteria yang akan menjadi pertimbangan misalnya harus berasal dari struktur pengurus partai dan lainnya," ujarnya.

Lima calon anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari lima daerah pemilihan yakni Helmi Paman dari daerah pemilihan Bengkulu Selatan-Kaur, Sri Rejeki dari Seluma, Batara Yudha dari dapil Rejanglebong-Lebong.

Selanjutnya, Agung Gatam dari daerah pemilihan Kota Bengkulu dan Khairul Anwar dapil Kepahiang.

Sementara hasil perolehan dari daerah pemilihan Kabupaten Mukomuko atas nama Mujiono dan daerah pemilihan Kabupaten Bengkulu Utara-Bengkulu Tengah atas nama Ikhsan Fajri masih menunggu pleno KPU setempat.

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Zainan Sagiman mengatakan pleno penetapan perolehan suara partai politik tingkat provinsi akan digelar Rabu (23/4).

"Pleno akan dimulai besok meski dua KPU belum menuntaskan pleno yakni KPU Bengkulu Utara dan KPU Mukomuko," katanya.

Ia mengatakan sesuai jadwal KPU, pleno tingkat provinsi digelar pada 23 dan 24 April 2014.

Pewarta: Pewarta Helti Marini Sipayung

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014