Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Selatan menghadirkan program BBM Satu Harga ke daerah pelosok untuk memberikan akses energi untuk masyarakat.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan di Palembang, Jumat, mengatakan,  sejak 2017 program ini telah memudahkan masyarakat untuk mendapatkan energi, salah satunya di Desa Sukajaya, Kecamatan Plakat Tinggi, Kabupaten Musi Banyuasin.

“Adanya BBM Satu Harga ini juga membuktikan bahwa negara hadir untuk masyarakat pelosok,” kata dia.

BBM Satu Harga merupakan komitmen Pertamina dalam mewujudkan pemerataan energi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk itu, Pertamina terus menjamin pasokan dan ketersediaan BBM hingga ke dalam wilayah-wilayah kabupaten sehingga dapat mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Hingga saat ini terdapat 13 unit BBM Satu Harga yang sudah beroperasi di seluruh wilayah Sumatera Bagian Selatan untuk mewujudkan energi berkeadilan tersebut.

Menurutnya, hadirnya BBM satu harga di tengah masyarakat ini berdampak besar bagi mereka yang membutuhkan bahan bakar untuk kehidupan sehari-hari atau bahkan penunjang mata pencaharian.

Adi, warga Desa Sukajaya menyampaikan adanya program BBM Satu Harga ini telah membantu kegiatan perekonomian masyarakat yang mayoritas petani.

“Masyarakat di Desa Sukajaya kini tidak perlu lagi menempuh jarak kurang lebih 70 kilometer untuk mencapai SPBU, selain itu kini kami membeli BBM dengan harga yang sama dengan di kota,” Ujar Adi.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan LPG di daerah pelosok, Pertamina mengusung program One Village One Outlet (OVOO) atau satu desa satu pangkalan.

OVOO bertujuan meningkatkan ketersediaan layanan LPG sehingga masyarakat tidak perlu lagi membeli dengan harga tinggi di pengecer.

Untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan, OVOO sudah mencakup 60 kota dan kabupaten, lebih dari 779 kecamatan dan di lebih dari 8.333 kelurahan.

Selain mengembangkan Pangkalan LPG 3 Kg, program OVOO Pertamina juga terus mendorong pengembangan gerai Pertashop untuk mendistribusikan Bright Gas, BBM berkualitas serta produk pelumas Pertamina.

Hingga saat ini tercatat sebanyak 1.044 gerai Pertashop siap beroperasi sehingga dapat mendukung distribusi energi yang semakin merata sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi desa

Pewarta: Dolly Rosana

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022