Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, sekitar 70 ribu orang menghadiri puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-495 DKI Jakarta yang dipusatkan di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu malam.

"Kali ini yang hadir 70 ribu warga Jakarta. Malam ini adalah malam kami merayakan perjalanan Jakarta," kata Anies saat menyampaikan sambutan pada puncak HUT DKI Jakarta di stadion tersebut. 

Ia menjelaskan, puluhan ribu orang yang berkumpul di JIS itu lantaran sudah dua tahun perayaan HUT DKI Jakarta diadakan secara terbatas karena pandemi COVID-19.

"Belum pernah sebelumnya kami mengadakan 'event' dengan jumlah pengunjung sebanyak ini, biasanya paling lima ribu, 10 ribu, kali ini yang hadir 70 ribu," kata Anies.

Anies juga membanggakan terwujudnya JIS karena dibangun 100 persen oleh anak bangsa sendiri. "Ini adalah bangunan yang 100 persen dibangun oleh anak-anak hasil didikan bangsa sendiri," katanya.

Malam puncak HUT ke-495 DKI dimeriahkan oleh penampilan sejumlah artis Tanah Air di antaranya grup musik Wali, Ungu dan Padi.

Selanjutnya, ada Reza Artamevia, Mahalini, Lea Simanjuntak, Saykoji dan Kojek dengan dipandu pembawa acara Astrid Tiar dan Choky Sitohang.

Peringatan hari lahir Jakarta ke-495 pada 22 Juni 2022 ditandai upacara HUT di Lapangan Selatan Monumen Nasional (Monas), juga diselenggarakan untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19.

Awalnya, puncak HUT DKI pada Sabtu ini juga sekaligus dilakukan peresmian JIS, namun agenda itu diundur hingga diperkirakan pada Juli 2022 dengan alasan yang belum diungkapkan.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menyebutkan, mata dunia tertuju ke Jakarta dan Indonesia karena ajang balap mobil listrik, Formula E, yang berlangsung pada Sabtu (4/6).

"Baru saja kami menuntaskan sebuah 'world championship' Formula E di Jakarta dengan sangat sukses," kata Anies pada malam puncak HUT ke-495 DKI Jakarta di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu malam.

Anies juga menyebutkan, Jakarta dapat menyelenggarakan kejuaraan dunia Formula E setara dengan 10 kota lain di dunia.

"Hanya 10 (kota di dunia) yang bisa jadi tuan rumah dan Jakarta, Indonesia, salah satunya dan ini adalah karya anak bangsa," katanya.

Mengenakan jas berwarna krem dipadu dengan celana jeans, Anies di atas panggung utama di dalam JIS memaparkan Formula E Jakarta yang dinilai sukses.

Gubernur DKI itu menambahkan, penyelenggaraan balap internasional itu menjadi salah satu indikator yang membuat Jakarta sebagai kota global karena mampu mengadakan hajatan berstandar internasional.

Dijadwalkan, Jakarta akan menjadi tuan rumah Formula E untuk dua musim lagi, yakni pada 2023-2024.

Pada malam puncak HUT DKI itu, Anies juga sekaligus mengukuhkan Jakarta sebagai kota global.

Berdasarkan laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) DKI Jakarta, pelaksanaan Formula E Jakarta dilakukan selama tiga musim, yakni 2022-2024 setelah renegosiasi dari awalnya lima musim, yaitu 2020-2024, akibat pandemi COVID-19.

Adapun total biaya komitmen yang disetorkan kepada Formula E Operation (FEO) selaku operator sekaligus pemegang lisensi Formula E, mencapai 31 juta poundsterling atau sekitar Rp560 miliar, dari total 36 juta poundsterling.

Sisanya sebesar 5 juta poundsterling berdasarkan laporan BPK DKI Jakarta akan dibayarkan oleh BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara di Jakarta pada tahun ketiga tanpa melalui APBD.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 70 ribu orang hadiri puncak HUT Ke-495 DKI Jakarta di JIS

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022