Bengkulu, (Antara) - Kota Bengkulu kembali meraih penghargaan tertinggi sebagai kota bersih, dan dianugerahi Piala Adipura yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Budiono kepada Pemerintah Kota Bengkulu.
   
"Sudah satu tahun lamanya kita canangkan tekad besar ini, bukan hanya sekedar tekad, namun menjadi keinginan mendalam untuk mendapatkan penghargaan sebagai kota bersih, dan itu berbuah manis, kita meraih piala Adipura," kata Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan di Bengkulu.
   
Piala Adipura itu kembali diraih pada 2014 ini setelah lima tahun lamanya Kota Bengkulu tidak mendapatkan penghargaan sebagai kota bersih.
   
"Sudah 1,5 tahun lamanya setelah kami terpilih menjadi wali kota dan wakil wali kota, akhirnya Pemerintah Kota Bengkulu bersama-sama masyarakat dapat mewujudkan penghargaan ini," katanya.
   
Hal itu menurut Helmi, tidak lepas dari kesadaran masyarakat yang setiap hari menjadikan program hari bersih, dengan menjaga kebersihan mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, RT/RW sampai ke jalan gang.
   
"Bengkulu ku Bersih, merupakan salah satu program utama dari delapan program yang dicanangkan Pemerintah Kota Bengkulu, dan penghargaan ini bukanlah akhir dari perjuangan kota bersih," katanya.
   
Tetapi, menurut wali kota, di balik kegembiraan mendapatkan Piala Adipura tersebut, di situ ada amanah yang besar, amanah untuk mempertahankannya.
   
"Oleh sebab itu, kita tidak boleh merasa menumpang dan mengontrak di kota ini, kota ini kota kita, jadi marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan, kota kita rumah kita," ucapnya.
   
Dengan mendapatkan penghargaan Piala Adipura tiga kali berturut-turut, maka Kota Bengkulu akan dianugerahi penghargaan Adipura tertinggi, yakni Adipura Kencana.
   
"Tidak ada yang tidak bisa kita raih jika ada keinginan, kekompakan, dan dilakukan secara sungguh-sungguh," kata wali kota itu.
   
Lebih lanjut dia mengatakan, ajang penilaian kota bersih itu diikuti oleh 540 kabupaten dan kota se-Indonesia, dan hanya 86 kabupaten dan kota yang mendapatkan penghargaan itu.
   
"Kota Bengkulu termasuk kedalam 19 terbaik, kita yakin, kita bisa mempertahankan ini, dan mendapatkan Adipura Kencana, penghargaan itu hanya diberikan kepada sembilan kabupaten dan kota terbaik," ujarnya.
   
Selama 1,5 tahun kepemempinan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Wali Kota Bengkulu Patriana Sosialinda, sudah dua kali mendapatkan penghargaan yang diraih Kota Bengkulu.
   
Pada 2013 lalu, Kota Bengkulu menerima penghargaan sebagai kota sehat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (adv/kt.bkl/blw)

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014