Ruby diklaim sebagai jenis cokelat keempat yang ada di dunia setelah hitam (dark chocolate), susu (milk chocolate) dan putih (white chocolate). Cokelat ini memiliki rasa yang juga berbeda dari para pendahulunya.

Sebagian besar pencinta cokelat sudah mungkin sudah mengenal ruby. Cokelat ini pertama kali dikenalkan oleh produsen cokelat Barry Callebaut pada tahun 2017.

Biji kakao ruby tumbuh di bawah kondisi iklim yang unik dan hanya dapat ditemukan di Ekuador, Brasil serta Pantai Gading.

Cokelat ruby tidak mengandung buah beri, rasa berry, atau pewarna. Namun, cokelat ini memberikan rasa yang manis, segar seperti buah berry dan lembut.

Dibutuhkan waktu lebih dari 10 tahin untuk menghasilkan cokelat dengan rasa dan warna yang menarik, yakni percampuran antara merah muda dan ungu.

Di dunia gourmet, cokelat ruby telah digunakan untuk berbagai seperti pastry, kue, donat, es krim serta hidangan penutup lainnya.

Sales Gourmet Manager Barry Callebaut Indonesia Denny Hardian Ardiwinata mengatakan di Indonesia sudah banyak toko kue yang menggunakan cokelat ruby baik untuk lapisan penutup (coating) kue atau isian donat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mengenal ruby, jenis cokelat keempat di dunia

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022