Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2022 resmi mengumumkan daftar lengkap nominasi yang akan bersaing di salah satu ajang perfilman Indonesia yang bergengsi tersebut tahun ini.

Kali ini, pembacaan daftar nominasi Festival Film Indonesia 2022 digelar di depan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dengan tema "Perempuan: Citra, Karya & Karsa" yang dibacakan oleh tiga duta Festival Film Indonesia yakni Prilly Latuconsina, Shenina Cinnamon dan Cut Mini.

"Senang sekali kami seluruh Komite Festival Film Indonesia 2022 serta Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia bisa hadir di pelataran Candi Borobudur untuk kembali mengumumkan nominasi FFI 2022," ungkap Ketua Komite FFI Periode 2021-2023 Reza Rahadian saat jumpa pers virtual, Sabtu. 

Pada acara yang digelar secara daring tersebut, Direktur Jendral (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbudristek RI Hilmar Farid juga menyampaikan apresiasinya terhadap FFI 2022. Menurutnya, FFI bukan hanya ajang kompetisi, melainkan sebuah peta untuk memahami dinamika dunia perfilman Indonesia.

"Tahun ini FFI mengangkat tema 'Perempuan: Cipta, Karya dan Karsa'. Dan ini tidak lain adalah penghargaan terhadap para perempuan yang berperan besar di dalam penguatan ekosistem perfilman di Indonesia," kata Hilmar.

Lebih lanjut, Hilmar menyampaikan bahwa Komite FFI 2022 telah mengumpulkan 25 film dokumenter, tujuh film dokumenter panjang, 30 film cerita pendek dan 20 film cerita panjang serta 15 karya kritik film yang merupakan hasil rekomendasi dari berbagai asosiasi yang sudah terlibat di dalam proses penjurian.

Kali ini, film-film yang menjadi nominasi pun tak hanya film yang ditayangkan di bioskop saja, karena film OTT dan film festival yang berlangsung di luar negeri juga menjadi nominasi FFI 2022.

"Komite yang diketuai oleh Mas Reza Rahadian sudah bekerja keras mengumpulkan banyak sekali informasi dan juga film-film yang akan masuk dalam seleksi. Sejauh ini di samping film yang diputar di bioskop, juga melibatkan film yang diputar di OTT dan festival yang berlangsung di luar negeri," jelas Hilmar.

Tahun ini, FFI 2022 memiliki 22 nominasi diantaranya Penulis Skenario Asli Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Penata Suara Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, serta Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik.

Kemudian ada pula nominasi Film Animasi Pendek Terbaik, Film Cerita Pendek Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Rias Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Film Dokumenter Pendek Terbaik, dan Film Dokumenter Panjang Terbaik.

Selain itu ada Pengarah Sinematografi Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Sutradara Terbaik, Film Cerita Panjang Terbaik dan Karya Kritik film terbaik.

Malam puncak anugerah Piala Citra FFI 2022 direncanakan akan dilakukan pada 22 November mendatang.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Komite Festival Film Indonesia 2022 resmi umumkan daftar nominasi

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022