Gaza City, Wilayah Palestina (Antara/AFP) - Israel Jumat menolak usulan  gencatan senjata Gaza yang disampaikan  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, kata televisi publik Israel melaporkan.

"Kabinet keamanan dengan suara bulat menolak usulan gencatan senjata Kerry, sebagai sikap," kata Channel 1, dan menambahkan bahwa para menteri Israel akan terus membahasnya.

Sebelumnya, Hamas Rabu menolak gencatan senjata usulan Mesir  untuk mengakhiri 16 hari pertempuran mematikan dengan Israel kecuali jika blokade terhadap Jalur Gaza dicabut, kata ketua gerakan itu, Khaled Meshaal, di Doha.

"Kami menolak hari ini ... dan akan menolak di masa depan" gencatan senjata sebelum ada perundingan mengenai  tuntutan Hamas, yang mencakup pencabutan bertahun-tahun blokade terhadap daerah kantong Palestina itu, kata Meshaal kepada wartawan.

Pencabutan blokade delapan tahun adalah permintaan utama Hamas yang juga ingin pembukaan perbatasan Rafah dengan Mesir dan pembebasan para tahanan oleh Israel.

Saat seruan-seruan internasional untuk mengakhiri pertempuran di Gaza, Meshaal bersikeras bahwa gerakan Islam Hamas "menyambut semua upaya untuk mengakhiri agresi" dan "tidak keberatan" untuk mediasi oleh pihak manapun, termasuk Mesir.

"Tetapi kami tidak akan menerima prakarsa  yang tidak mencabut blokade pada rakyat kami dan yang tidak menghormati pengorbanan mereka.

"Mari kita setuju pada pencapaian tuntutan kami, dan kami kemudian akan setuju pada  gencatan senjata," kata Meshaal.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014