Jakarta (Antara) - Rapper Indonesia Saykoji memaknai kemerdekaan Tanah Air yang menginjak tahun ke-69 sebagai pengingat bagi generasi muda untuk memerdekakan diri mereka dari rasa malas.      

"Anak muda harus merdeka dari rasa malas, misalnya malas antre, malas bayar pajak dan malas belajar," kata Saykoji pada Antara di Jakarta, Sabtu.

Menurut pria bernama lengkap Ignatius Rosoinaya Penyami itu, bila rasa malas masih menguasai generasi muda maka bangsa ini tidak dapat berkembang maksimal.

Selain itu, pendendang lagu "So What Gitu Loh" itu juga berpendapat musisi harus merdeka dalam berkarya.

Rapper yang akrab dipanggil Igor itu mengatakan musisi harus memiliki kebebasan untuk berkarya secara bebas tanpa dikekang oleh pakem yang ada.

Pria yang berperan dalam film "5 CM" itu juga berharap para musisi dapat menghasilkan musik dari hati tanpa melulu memikirkan sisi komersil.

Saykoji menyayangkan bila musisi "disetir" selera pasar sehingga menyajikan musik dengan tujuan semata-mata agar laku dijual.

"Jangan sampai orang berlomba-lomba masuk industri musik hanya untuk jualan," ujar dia.

Saat ini, Saykoji yang juga disibukkan dalam membuat scoring film juga sedang membuat album terbaru yang rencananya diselesaikan tahun ini. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014