Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Selatan Anita Noeringhati mendukung pembukaan kembali rute penerbangan internasional secara langsung melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Anita di Palembang, Sumsel, Jumat, mengatakan sebagai bentuk dukungan itu pihaknya segera menyurati tiga kementerian yang memegang regulasi pembukaan izin penerbangan yakni Kementerian Perhubungan, Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian, dan Kementerian Dalam Negeri.

Ia menjelaskan pembukaan kembali rute penerbangan adalah aspirasi dari kalangan penyedia jasa perjalanan wisata dan pihak maskapai penerbangan yang ada di daerah.

Pihak penyedia jasa perjalanan wisata menilai penerbangan internasional di Bandara SMB II Palembang sudah sangat mungkin dibuka kembali setelah ditutup dampak pandemi COVID-19 hampir dua tahun lalu.

Dia menyebutkan kelayakan itu atas beberapa pertimbangan, khususnya lansekap upaya mitigasi dan penanggulangan penyebaran COVID-19 di bandara sudah jelas dan memang terlaksana dengan baik.

"Dinas Pariwisata dan instansi terkait lain juga sejalan dan kami akan menyampaikan aspirasi ini (bersurat) ke tiga kementerian itu untuk meminta bukan hanya penerbangan internasional tapi juga penerbangan domestik seperti Denpasar, Semarang, Yogya, Bandung yang sempat ditutup kembali dibuka sesegera mungkin," kata dia, yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Sumsel Anthon Wahyudi mengaku optimistis dalam waktu dekat rute penerbangan internasional tersebut bisa dibuka kembali, seiring masifnya vaksinasi COVID-19 di daerah ini.

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022