Milan (Antara/AFP) - Gol di tiap-tiap babak dari Carlos Tevez dan Claudio Marchisio membawa juara bertahan Juventus berbagi posisi teratas klasemen Liga Italia, berkat kemenangan 2-0 atas tamunya Udinese.

Roma sempat menduduki posisi puncak selama beberapa saat berkat kemenangan 1-0 di kandang tim promosi Empoli, namun pasukan Rudi Garcia, runner up musim lalu, turun ke peringkat kedua karena kalah selisih gol.

Pertandingan-pertandingan lain pada akhir pekan ini akan dimainkan pada Minggu dan Senin, ketika Milan dan Napoli, yang paling mendapat perhatian, akan berupaya mempertahankan kecepatan saat mereka melawat ke markas Parma dan menjamu Chievo.

Dengan hanya dimainkannya dua pertandingan, Juve dan Roma - yang keduanya akan bermain di Liga Champions pada tengah pekan - telah menyiapkan patokannya.

Harapan-harapan Udinese untuk dapat meneruskan laju kemenangan setelah mereka menang 2-0 atas Empoli, berkat sepasang gol penyerang veteran Antonio Di Natale, segera mendapat hambatan.

Juve tidak terkalahkan di kandang sendiri pada musim lalu dan membuka keunggulan hanya dalam waktu delapan menit ketika Tevez menyambar umpan tarik dari Stephane Lichsteiner, untuk melepaskan tembakan melewati kaki para pemain bertahan dan tidak dapat dibendung kiper Orestis Karnezis dari jarak 18 meter.

Kiper Juventus Gianluigi Buffon tidak banyak mendapat ancaman pada pertama, dan hanya keputusan offside yang tepat pada pertengahan babak kedua yang menggagalkan Udinese menyamakan kedudukan.

Bek Igor Bubnjic berada di tempat yang tepat ketika ia mendapatkan bola sodoran Danilo di tepi kotak penalti untuk menaklukkan Buffon dari jarak dekat, namun gol itu dianulir karena  offside.

Beberapa menit kemudian Tevez memaksa Karnezis memblok tembakannya dari sisi kanan gawang, setelah mendapat bola dari Llorente ketika pertahan Udinese dapat ditembus.

Tuan rumah mendapat momentum dan Tevez beralih menjadi pemberi assist pada menit ke-75, ketika ia mengoperkan bola kepada Marchisio di tepi kotak penalti untuk menaklukkan Karnezis dengan bagian luar sepatunya.  

Tevez tidak lama kemudian digantikan Kingsley Coman pada fase akhir pertandingan, dan pemain muda asal Prancis ini terlibat ketika sesama pemain pengganti Alvaro Morata, yang menggantikan Llorente untuk melakukan debutnya di Juve, menyia-nyiakan peluang untuk mencetak gol ketika tembakannya dari jarak 12 meter mengarah lurus ke Karnezis.

Sebelumnya, gol bunuh diri dari kiper Empoli Luigi Sepe membuat Roma mendapatkan angka maksimal empat hari sebelum Tim Kuning-Merah kembali berkirah di Eropa dengan menjamu CSKA Moscow.

Pelatih Roma Rudi Garcia memilih untuk mengistirahatkan sejumlah pemain inti untuk pertandingan tandang pertama mereka musim ini, termasuk penyerang Pantai Gading Gervinho dan ikon tim Francesco Totti.

Garcia, yang merupakan pelatih ketika Lille menghadapi CSKA pada musim 2011/2012, mengakui bahwa perasaan di kamp latihan begitu menggebu.

"Liga Champions merupakan kompetisi fantastis. Saya telah berpengalaman sebagai pelatih Lille," kata Garcia kepada Sky Sports.

"Para pemain tidak sabar untuk kembali bermain di Eropa, namun malam ini benak kami tertuju pada Empoli."

"Mereka bermain dengan baik dan bukan lawan yang mudah untuk dihadapi. Sejumlah tim yang datang ke sini mengalami  kesulitan."

Roma mencetak gol menjelang turun minum.

Radja Nainggolan mendapatkan umpan silang dari kanan dan memiliki waktu serta ruang untuk melepaskan tembakan dari jarak 20 meter, bola kemudian membentur tiang gawang dan membentur sang kiper untuk masuk ke dalam gawang.

Itu semestinya menjadi gol kedua pemain Belgia tersebut musim ini setelah golnya membantu membawa Roma menang 2-0 atas Fiorentina pekan lalu, namun itu dinyatakan sebagai gol bunuh diri.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014