Turin (Antara/AFP) - Pelatih Juventus Massimiliano Allegri memperingatkan Tim Putih-Hitam bahwa kemenangan atas Malmo tidak akan didapat dengan mudah, ketika kedua tim bertemu pada pertandingan pembukaan Grup A Liga Champions di Turin pada Selasa.

Di atas kertas, juara Italia itu akan menghadapi lawan termudah mereka di grup - Malmo merupakan tim Swedia pertama yang mengikuti kompetisi ini sejak Helsinborg IF pada 2000/2001, dan harus menjalani tiga putaran kualifikasi yang berat untuk dapat melaju ke fase grup.

Bagaimanapun, Allegri mengatakan akan menjadi kesalahan untuk menganggap remeh tim manapun.

Pria Italia itu, yang menggantikan Antonio Conte pada bulan lalu, menunjuk kepada hasil mereka peringkat ketiga mereka di fase grup pada musim lalu, finis di bawah Real Madrid dan Galatasaray, yang membuat tim asal Turin itu gagal lolos ke fase gugur.

Dan ia meyakini fakta bahwa Liga Swedia dimulai beberapa pekan lebih awal sebelum Liga Italia merupakan faktor yang tidak dapat dikesampingkan.

"Di atas kertas grup kami terlihat sederhana, namun tahun lalu terdapat skenario serupa dan Juventus tereliminasi. Itu hanya memperlihatkan bahwa grup-grup yang disebut mudah tidak demikian adanya," kata Allegri kepada para pewarta.

"Malmo tentu saja unggul dari kami perihal kondisi, karena kejuaraan mereka berlangsung lebih awal dibandingkan kami."

"Mereka juga merupakan tim yang sangat bagus, yang memiliki kekuatan fisik dan cepat. Kami harus fokus dan yakin bahwa kami tidak melupakan tanggung-jawab pertahanan kami."

Kemenangan bagi Juventus akan membantu meredakan tekanan dini terhadap Allegri, yang dipecat AC Milan pada Januari dan sampai sekarang belum memenangi hati para penggemar di Turin menyusul kesuksesan besar selama tiga tahun di bawah asuhan Conte.

Juve tidak akan diperkuat dua gelandang Arturo Vidal dan Andrea Pirlo (keduanya mengalami cedera paha), serta bek Andrea Barzagli (cedera betis), meski rekrutan terkini bek sayap Patrice Evra dan dua penyerang muda Kingsley Coman dan Alvaro Morata telah menyuntikkan semangat baru bagi tim Allegri.

Allegri mengatakan penyerang Argentina Carlos Tevez, yang mencetak satu gol saat mereka menang 2-0 atas Udinese pada akhir pekan meski terdapat kekhawatiran dirinya masih cedera menjelang pertandingan, berada dalam kondisi bugar 100 persen.

Tevez, yang tampil bagus untuk Juve di liga, masih mencari gol perdananya di Liga Champions sejak 7 April 2009.

"Ia baik-baik saja, ia bermain baik (saat melawan Udinese) maka ia dapat dimainkan untuk besok."

Meski merupakan juara Swedia, masuknya Malmo ke Liga Champions banyak berutang pada inisiatif UEFA untuk memastikan lebih banyak liga di Eropa yang memiliki perwakilan di kompetisi elit ini.

Allegri menyambut hangat inisiatif itu, namun mengatakan Juve akan melakukan segalanya untuk dapat meraih hasil yang lebih baik dibanding musim lalu, ketika mereka terlempar ke Liga Europa dan disingkirkan Benfica di semifinal.

"UEFA benar. Penting bagi tim-tim yang telah memenangi liga mereka untuk menjadi perwakilan di kompetisi. Semua orang memiliki hak untuk berpartisipasi di Liga Champions," kata pria 47 tahun ini.

"Mencapai perempat final akan menjadi langkah penting bagi kami, namun saat ini kami terfokus pada memenangi pertandingan pertama ini dan melaju dari grup."

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014