Rejanglebong (Antara) - Badan Pemeberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, saat ini tengah melakukan pendataan keluarga dalam 15 kecamatan di daerah itu.

"Program pendataan keluarga ini dilakukan pemerintah untuk mengetahui jumlah perkembangan penduduk serta untuk mengetahui taraf kesejahteraan masyarakat yang akan dibagi ke dalam beberapa golongan seperti keluarga sejahtera, sejahtera satu dan keluarga prasejahtera," kata Kepala Badan PPKB Rejanglebong, Syafri Idris di Rejanglebong, Rabu.

Pendataan keluarga dalam 15 kecamatan di daerah tersebut kata dia, dimulai sejak 15 September 2014 lalu dan akan berlangsung selama satu bulan. Petugas pendataan ini selanjutnya akan mendata jumlah keluarga dalam satu rumah tangga, pekerjaan, pendapatan hingga tingkat pendidikan.

Pendataan keluarga di daerah itu tambah dia, dilaksanakan oleh petugas penyuluh KB, kader KB yang tersebar dalam 156 desa dan kelurahan pada 15 kecamatan di Rejanglebong yang jumlahnya mencapai 1.000 orang.

Hasil dari pendataan ini selanjutnya akan dijadikan bahan untuk pemberian bantuan kepada masing-masing keluarga dalam berbagai kecamatan antara lain untuk program penanganan keluarga miskin, kurang mampu dan masyarakat yang dinilai sudah berhasil dalam membina keluarganya.

Untuk itu dia berharap, program pendataan ini dapat berjalan lancar dan tepat waktu sesuai batas pelaksanaannya yakni selama satu bulan dan data yang dihasilkan benar-benar valid sehingga pemberian bantuan maupun program yang akan dikucurkan tepat sasaran.

"Saya berharap data yang diberikan masing-masing keluarga yang di data petugas di lapangan nantinya data yang valid karena data ini selanjutnya akan dikirim ke pusat dan akan menjadi data penunjang dalam program yang akan dikucurkan pemerintah pusat," ujarnya.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014