Bengkulu,  (Antara) - Kontingen Kota Bengkulu menjadi juara umum Pekan Olahraga Provinsi Bengkulu tahun 2014 dengan meraih medali 42 emas, 27 perak dan 21 perunggu.

Ketua KONI Provinsi Bengkulu Sultan B Najamudin, melalui wakilnya Sanuludin mengatakan saat penutupan Porprov 2014, Selasa (28/10) sore yang dilaksanakan di Gedung Olahraga dan Pemuda Provinsi Bengkulu, ke depannya diharapkan setiap kontingen masing-masing daerah bisa lebih meningkatkan prestasinya sebagai bentuk keseriusan Provinsi Bengkulu menjaring atlet-atlet yang berkualitas untuk mewakili Provinsi Bengkulu diajang yang lebih tinggi seperti porwil maupun pra-PON.

"Hendaknya setiap daerah mampu mencetak atlet-atlet yang berkualitas yang nantinya bisa menjadi atlet provinsi yang tangguh demi kemajuan olahraga. Mari kita sama-sama terus bekerja menjaring dan membina atlet-atlet berkualitas, melalui kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk pembinaan bagi atlet," kata dia.

Sedangkan posisi ke dua ditempati Kabupaten Bengkulu Tengah dengan 13 emas, 16 perak dan 14 perunggu. Sementara Kabupaten Kaur menduduki tempat ke tiga dengan 11 emas, 18 perak dan 5 perunggu.

Peringkat ke empat diraih Bengkulu Utara dengan 11 emas, 5 perak, 16 perunggu, disusul Kabupaten Kepahyang dengan memperoleh 8 emas, 8 perak, 8 perunggu.

Peringkat ke-6 diraih Kabupaten Rejanglebong dengan 4 emas, 7 perak, dan 11 perunggu, dibawah Rejanglebong menyusul Kabupaten Mukomuko dengan perolehan 4 emas, 3 perak, 6 perungu, sementara itu Bengkulu Selatan meraih 2 emas, 7 perak, 4 perunggu, kemudian Kabupaten Seluma 1 emas, 2 perak, 4 perungu, dan jurukunci dalam porprov yang ke tujuh ini diduduki kontingen kabupaten Lebong yang tidak meraih medali emas dan hanya merengkuh 2 perak dan 4 perunggu.

Pada pembukaan Porprov, Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengatakan Pekan Olahraga Provinsi 2014 merupakan wahana guna menjaring atlet berprestasi untuk dipromosikan menuju pekan olahraga wilayah.

"Ini merupakan ajang yang baik bagi pemerintah melalui dinas terkait untuk menjaring atlet yang nantinya bisa mengharumkan nama Bengkulu di kancah nasional bahkan internasional," kata dia.

Selain itu menurutnya potensi yang dimiliki Bengkulu dalam bidang olahraga termasuk baik terutama di perorangan.

"Untuk Provinsi Bengkulu kita bisa lihat prestasi atlet kita cukup bagus terutama di perorangan. Memang kalau untuk olahraga beregu kita belum bisa bicara banyak, maka dari itulah menjadi tugas bersama untuk memajukan prestasi Bengkulu ke depan," tambahnya.

Porprov Bengkulu tahun ini diikuti 10 kabupaten/kota dan 10 cabang olahraga dipertandingkan/diperlombakan yaitu atletik, biliar, bola basket, bulutangkis, catur, panjat tebing, pencak silat, renang, sepak takraw dan voli pasir.

***3***

Pewarta: oleh Yan Berlian

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014